Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Enjoy 70 Meluncur, Baterai 6.000 mAh dan Punya Tombol X

Kompas.com - 06/12/2023, 10:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Produsen smartphone asal China, Huawei resmi meluncurkan ponsel kelas menengah (mid-range) terbaru dari keluarga Enjoy, yakni Huawei Enjoy 70 di negara asalnya, Selasa (5/12/2023).

Huawei Enjoy 70 ini merupakan suksesor Huawei Enjoy 60 yang dirilis Maret 2023. Sebagai penerus, Huawei Enjoy 70 membawa beberapa peningkatan, di aspek desain bodi, layar, kamera, dan sistem operasi.

Kini, Huawei Enjoy 70 dibekali bodi dengan bingkai (frame) datar. Di bagian belakang ada modul kamera berbentuk persegi panjang yang di dalam nya ada satu penampang kamera besar dan kecil, serta sebuah lampu flash LED.

Baca juga: Huawei Nova 11 SE Meluncur dengan Kamera 108 MP

Penampang kamera itu menampung kamera utama 50 MP, resolusi ini meningkat dari sebelumnya 48 MP. Kemudian ada pula kamera makro 2 MP yang serupa seperti pendahulunya.

Bodi Huawei Enjoy 70 dilengkapi pemindai sidik jari yang dipasang di samping kanan. Kemudian ada juga tombol Enjoy X di bingkai sisi kirinya yang berguna untuk menjadi tombol pintasan.

Dengan sekali tekan tombol Enjoy X, pengguna bisa membuka aplikasi yang sering dipakai, sedangkan dua kali atau tekan lama akan langsung membuka aplikasi tertentu.

Huawei Enjoy 70 meluncur di China dengan kamera 50 MP, tombol X, baterai 6.000 mAh.Huawei Huawei Enjoy 70 meluncur di China dengan kamera 50 MP, tombol X, baterai 6.000 mAh.
Spesifikasi Huawei Enjoy 70

Untuk spesifikasi layar, Huawei Enjoy 70 masih dibekali layar LCD 6,75 inci dengan resolusi 720 x 1.600 piksel, rasio aspek 20:9, dan tingkat kerapatan piksel 260 ppi. Layar ini dihiasi poni berbentuk tetesan air yang menampung kamera selfie 8 MP.

Adapun peningkatan layar ponsel ini adalah hadirnya fitur Always-on Display (AoD). Dengan fitur AoD, pengguna bisa melihat pemberitahuan, waktu, atau informasi penting lainnya saat layar dalam keadaan terkunci.

Always On Display juga disebut sebagai salah satu solusi untuk membuat konsumsi energi semakin efisien karena pengguna tidak perlu lagi menyalakan layar untuk melihat waktu atau pemberitahuan penting lainnya.

Untuk aspek hardware, Huawei sebenarnya tidak mengungkap chipset yang ditanamkan pada ponsel ini. Namun, menurut laporan GSMArena, chipset yang digunakan adalah Kirin 710A (14nm) bikinan Huawei sendiri.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad Pro 11 2024 Resmi, Punya Fitur Koneksi Satelit

Huawei tak mengungkap besaran RAM ponsel ini. Namun, penyimpanan internal Huawei Enjoy 70 adalah 128 GB dan 256 GB. Ada pula slot nano memory card hingga 256 GB.

Huawei Enjoy 70 ini menjalankan sistem operasi terbaru yang dirilis Huawei pada awal Agustus lalu, Harmony OS 4.0. 

Sejak 2021, HarmonyOS menjadi pengganti sistem operasi Android besutan Google yang tak bisa lagi dipakai Huawei karena larangan ekspor teknologi dari pemerintah Amerika Serikat.

Karena tak menjalankan Android, ponsel ini tidak dibekali dengan layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik ponsel Huawei Enjoy 70 tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com