Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Dukungan untuk Sam Altman di X Twitter, Netizen Ingat Kisah Steve Jobs

Kompas.com - 20/11/2023, 12:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sam Altman, sosok di balik perusahaan pengembang ChatGPT, OpenAI, mendadak dipecat dari jabatan CEO pada Jumat (17/11/2023). Direksi OpenAI beralasan bahwa Altman kurang terbuka saat berkomunikasi dengan jajaran direksi.

Altman kemudian mengunggah postingan di X (dulu Twitter), tak lama setelah pengumuman pemecatannya dipublikasikan.

"Saya suka saat saya di OpenAI. Ini begitu transformatif bagi saya pribadi. Yang jelas, saya senang bekerja dengan orang-orang berbakat. Akan ada banyak yang dibagikan lebih lanjut soal apa yang akan terjadi selanunjutnya," kata sosok kunci OpenAI itu di X dengan handle @sama.

Posting pertama Altman setelah ia dipecat itu mengundang perhatian banyak pengguna X Twitter.

Posting tersebut bahkan mendapat 96.000 kali likes, berkali lipat lebih banyak dibanding postingan Altman lainnya.

Altman juga mengunggah beberapa twit lain di X, termasuk soal yang menegaskan bahwa dia begitu menyayangi tim OpenAI.

Posting itu pun dibalas Mira Murati, CTO OpenAI yang kemudian diangkat sebagai CEO sementara OpenAI, usai Altman dipecat. Murati membubuhkan emoji hati berwarna biru, seolah menunjukkan bahwa ia juga menyayangi Altman dan tim lainnya di OpenAI.

Baca juga: OpenAI Ungkap Alasan Sam Altman Dipecat dari Jabatan CEO

Bukan hanya Murati, petinggi OpenAI lainnya seperti CSO OpenAI Jason Kwon, serta COO OpenAI Brad Lightcap, juga menambahkan emoji hati warna lain, menunjukkan dukungannya pada Altman.

Mengingatkan pada kisah Steve Jobs

Dipecatnya Altman dari jabatan CEO OpenAI, membuat sejumlah orang mengingat kembali kisah hidup Steve Jobs. Pendiri Apple ini juga pernah dipecat dari perusahaan yang dia dirikan. Sebab, Jobs punya prinsip yang berbeda dari dewan direksi.

"Microsoft membuang OpenAI dan memecat Sam Altman adalah alasan kenapa saya takut dengan kemitraan. Anda memulai perusahaan dan dipecat bertahun-tahun kemudian. Ini (terdengar) seperti kisah Steve Jobs," kata pengguna dengan handle @amyraki di X Twitter.

Tak hanya @amyraki, pengguna lainnya juga menyandingkan Altman dengan kisah Steve Jobs. Salah satu pengguna X bahkan menyebut Altman sebagai Steve Jobs dari generasi AI.

Pengguna lainnya berkomentar bahwa pemecatan Altman bisa jadi nasihat bagi para pelaku usaha. Ia juga berpesan agar orang-orang tidak terlena dengan modal ventura dan sedianya memiliki kendali yang besar di jajaran dewan.

Adapun Steve Jobs didepak dari Apple pada tahun 1985, setelah Jobs berselisih paham dengan pendiri Apple lainnya, Steve Wozniak. Keinginan Jobs menjadi CEO konon menjadi alasan dia berselisih dengan dewan direksi.

Baca juga: Sam ChatGPT Altman Dipecat, Co-founder OpenAI Ikutan Mundur

Selain itu, pendekatan Jobs yang otoriter dalam menjalankan perusahaan juga kabarnya membuat ia tak sepaham dengan jajaran direksi, dihimpun KompasTekno dari Economic Times, Senin (20/11/2023).

Terlepas dari "drama" itu, Jobs akhirnya diminta kembali ke Apple dan mengambil alih kendali perusahaan setelah bangkrut di bawah kepemimpinan Gil Amelio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com