Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mudah Baca Teks di Google Chrome Tanpa Terganggu Iklan

Kompas.com - 11/12/2023, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna peramban (browser) Google Chrome desktop kini bisa membaca teks panjang di situs web dengan lebih fokus, tanpa terganggu iklan. Hal ini dimungkinkan berkat fitur baru di Google Chrome bernama mode baca alias reading mode.

Pantauan KompasTekno, Senin (11/12/2023), fitur reading mode ini sudah bisa dicoba di Indonesia lewat Google Chrome desktop versi 120.0.6099.63 (Official Build) (64-bit).

Untuk menjajal fitur reading mode, pengguna tinggal blok/highlight konten teks yang ingin dibaca. Kemudian, klik kanan. Nanti, pengguna akan melihat opsi baru "open in reading mode".

Tampilan jendela reading mode (kanan) dan situs web (kiri) di Google Chrome. Jendela reading mode memungkinkan pengguna membaca teks tanpa terganggu dengan iklan, foto, atau bahkan video pop-up yang kerap menggangu visibilitas teks.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan jendela reading mode (kanan) dan situs web (kiri) di Google Chrome. Jendela reading mode memungkinkan pengguna membaca teks tanpa terganggu dengan iklan, foto, atau bahkan video pop-up yang kerap menggangu visibilitas teks.
Ketika diklik, pengguna akan melihat sebuah jendela mode baca terbuka di sisi kanan layar, seperti gambar di atas. Pengguna bisa memperluas jendela reading mode dengan menggeser ke sebelah kiri.

Baca juga: 2 Cara Blokir Iklan Google Chrome di Ponsel Android

Seluruh teks yang diblok akan muncul di jendela reading mode ini. Klik sekali di jendela mode baca untuk menghilangkan highlight berwarna kuning.

Seperti disebutkan sebelumnya, hanya teks saja yang akan muncul di jendela reading mode. Pengguna bisa membaca bebas iklan, foto, video pop-up, dan elemen lain yang kerap mengganggu visibilitas tulisan. Namun, pengguna tetap bisa melihat teks biru yang mengandung backlink.

Yang menarik, pengguna bisa mengatur tampilan teks di jendela mode baca ini. Misalnya, pengguna bisa memilih satu dari tujuh font yang disediakan, yakni Poppins, Sans-serif, Serif, Comic Neue, Lexend Deca, EB Garamond. dan STIX Two Text.

Tampilan menu font, ukuran font, warna latar, dan jarak huruf dan baris di jendela reading mode di Google Chrome.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan menu font, ukuran font, warna latar, dan jarak huruf dan baris di jendela reading mode di Google Chrome.
Lalu, pengguna bisa mengatur ukuran font, jarak antar huruf, dan jarak antar baris kalimat sesuai preferensi pengguna.

Baca juga: 4 Cara Nonton YouTube Tanpa Iklan, Mulai dari Gratis hingga Berbayar

Terakhir, pengguna juga bisa mengubah warna latar jendela mode baca menjadi berwarna light (abu muda), dark (hitam), kuning, dan biru.

Perlu diketahui, apabila blok/hightlight tulisan di situs utama hilang, maka tulisan di reading mode juga akan hilang.

Jadi, pengguna harus tetap menjadi blok di situs web di Google Chrome untuk membaca di jendela reading mode.

Itu dia trik membaca teks panjang di Google Chrome lebih fokus, tanpa terganggu iklan. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com