Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Samsung Health Bakal Ingatkan Pengguna untuk Minum Obat

Kompas.com - 23/12/2023, 08:12 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan fitur kesehatan baru bernama “Medications” untuk aplikasi  Samsung Health. Sesuai dengan namanya, fitur ini bertujuan membantu pengguna dalam menjaga kesehatan, termasuk mengingatkan jadwal minum obat.

Dengan bantuan fitur Medications, pengguna dapat meninjau resep dari obat-obatan yang dikonsumsi, menampilkan informasi edukatif soal obat, serta tips dan cara untuk meminum obat atau suplemen, berikut alarm agar tidak lupa meminumnya.

Vice President and Head of Digital Health Team, MX Business Samsung Electronics, Hon Pak, mengatakan bahwa pihaknya meyakini Medications bisa membuat pengguna Samsung health menjadi lebih mudah mengelola obat dan lebih disiplin.

"Pada akhirnya, kesehatan pun bakal meningkat secara keseluruhan," ujar Pak dalam blog resmi Samsung Newsroom, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (23/12/2023).

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy Tab A9 dan Tab A9 Plus Kids Edition di Indonesia

Selain memungkinkan pengguna membuat jadwal minum obat, fitur Medications di Samsung Health bakal memberi imbauan dan peringatan singkat soal mengonsumsi obat yang keliru/salah, hingga efek samping yang ditimbulkan.

Misalnya efek interaksi dari meminum obat bersamaan dengan minuman atau makanan yang mengandung zat tertentu, seperti kopi atau alkohol.

Imbauan dan catatan penting tersebut dipaparkan untuk membantu pengguna terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Pengguna juga dapat memberi catatan khusus soal jenis obat yang dikonsumsi berdasarkan bentuk dan warna obatnya.

Kemampuan lainnya, fitur Medications juga memungkinkan pengguna menambah informasi terkait dosis obat, jadwal minum, dan detail lainnya untuk menghindari kebingungan.

Notifikasi yang sudah disetel akan dikirimkan secara berkala ke ponsel pengguna. Samsung menekankan bahwa notifikasi pengingat minum obat akan dimunculkan berdasarkan tingkat urgensinya.

Baca juga: Bocoran Kemampuan Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

Semakin penting dan mendesak obat yang dikonsumsi, notifikasi pengingat yang ditampilkan akan semakin dominan di layar ponsel, disertai nada dering yang panjang pula.

Sementara itu, untuk konsumsi suplemen atau vitamin yang tingkat urgensinya lebih rendah, notifikasi yang ditampilkan hanya berupa pop-up sederhana. Samsung mengklaim notifikasi tersebut tidak akan mengganggu pengguna.

“Pengguna Galaxy Watch juga bakal menerima pengingat (minum obat) tepat di pergelangan tangan mereka sehingga dapat tetap mengikuti jadwal konsumsi obat, walau sedang jauh dari ponsel mereka,” tambah Samsung.

Medications dijadwalkan hadir untuk pengguna Samsung Health di wilayah AS dalam waktu dekat. Belum diketahui kapan fitur kesehatan ini bakal tersedia untuk para pengguna di negara-negara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com