Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser Samsung Internet Hadir di PC, Bisa Sinkron Data HP Galaxy ke Komputer Windows

Kompas.com - 29/11/2023, 13:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Peramban (browser) Samsung Internet yang biasanya hanya hadir di berbagai perangkat Samsung Galaxy (smartphone dan tablet) kini tersedia untuk perangkat Windows PC.

Pantauan KompasTekno, Rabu (29/11/2023) pagi, aplikasi tersebut sudah tersedia di Microsoft Store dan memiliki ukuran file sekitar 132 MB.

Karena tersedia di Microsoft Store, semua perangkat non-Galaxy tentunya bisa mengunduh (download) browser internet ini, asalkan menjalankan sistem operasi (OS) Windows.

Nah, dengan hadirnya Samsung Internet di PC, pengguna ponsel atau tablet Samsung Galaxy bisa melakukan sinkronisasi data dengan mudah dari smartphone atau tablet ke perangkat komputer.

Pengguna bisa menyimpan atau mem-bookmark berbagai website favorit di ponsel dan melihatnya di PC, melihat riwayat (history) penjelajahan internet dari ponsel Samsung Galaxy di PC, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Cara Ubah Default Browser Safari ke Google Chrome di iPhone dengan Mudah

Meski demikian menurut situs yang biasa membahas berbagai produk Samsung, SamMobile, fitur sinkronisasi Samsung Internet masih terbatas.

Sebab, browser internet tersebut masih belum bisa melakukan sinkronisasi kredensial (username dan password dari suatu akun) antara perangkat Samsung Internet di perangkat Galaxy dan Samsung Internet di PC.

Ilustrasi tampilan Samsung Internet di PC.SamMobile Ilustrasi tampilan Samsung Internet di PC.
Kendati begitu, Samsung Internet tetap dibekali dengan berbagai fitur penting yang biasanya dimiliki oleh suatu peramban internet.

Beberapa di antaranya seperti Ad Blocker, Incognito Mode, dukungan untuk aplikasi web alias Extensions, hingga mode terang (Light) dan gelap (Dark), dan lain sebagainya.

Peramban ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengimpor semua data browsing, seperti bookmark, browsing history, dan lain-lain, yang tersimpan di browser internet lain.

Untuk ketersediaan, Samsung Internet bisa diunduh di Windows PC melalui tautan berikut ini.

Sebelum men-download, pastikan pengguna sudah memiliki PC yang menjalankan OS Windows 10 atau 11, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Rabu (29/11/2023).

Baca juga: Fitur Baru, Browser Chrome Bisa Tampilkan Website yang Rakus Memori

Tidak disebutkan apakah Samsung Internet akan turut tersedia di OS PC lain, seperti MacOS atau tidak.

Namun yang jelas, Samsung Internet bisa menjadi alternatif browser di PC Windows yang saat ini didominasi oleh Google Chrome, Mozilla Firefox, hingga peramban milik Microsoft sendiri yaitu Microsoft Edge.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com