Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Main HP saat Hujan Bisa Tersambar Petir? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 25/12/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di dunia teknologi, terdapat beberapa saran atau anjuran yang umum disampaikan untuk menjaga keselamatan pengguna. Salah satunya seperti anjuran untuk tidak bermain HP (handphone) saat hujan karena bisa tersambar petir.

Saran itu bisa dibilang sudah lama beredar. Sebagian dari Anda pun mungkin juga sudah sering mendengar asumsi jika main HP saat hujan akan tersambar petir. Akan tetapi, apakah benar asumsi tersebut?

Baca juga: Apakah Benar Cas HP Tak Boleh Lebih dari 80 Persen? Begini Penjelasannya

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai asumsi petir bisa menyambar HP.

Main HP saat hujan akan tersambar petir hanyalah mitos

Asumsi main HP atau ponsel saat hujan akan tersambar petir sayangnya hanyalah sebuah mitos. Mitos tersebut bisa muncul karena HP disejajarkan dengan telepon rumah konvensional yang masih menggunakan kabel.

Menggunakan telepon rumah selama badai petir tidak pernah aman. Pasalnya, telepon rumah terhubung dengan kabel hingga keluar. Petir dapat mengikuti kabel hingga ke telepon rumah dan dapat melukai orang yang menggunakan telepon rumah.

Namun, proses menjalarnya petir ke telepon rumah itu tidak berlaku pada ponsel. Jhon Jensenius, ahli keselamatan petir di National Weather Service (badan prakiraan cuaca Amerika Serikat) mengatakan, petir bisa menyambar HP merupakan kesalahpahaman.

Dikutip dari laman AccuWeather, Jensenius mengatakan, jika seseorang terkena petir dan membawa HP, HP itu biasanya akan meleleh atau terbakar. Kemudian, orang akan menjadikan HP sebagai penyebab sambaran petir, padahal keduanya tidak berkaitan.

Baca juga: 5 Tips agar HP Tak Overheat di Tengah Cuaca Panas

Ketimbang penggunaan HP saat hujan, Jensenius lebih menitikberatkan pada lokasi atau tempat pengguna berada yang dapat berpotensi meningkatkan sambaran petir.

Supaya tidak tersambar petir, yang paling penting, pengguna harus berada di tempat aman, terlepas sedang menggunakan HP atau tidak.

HP tidak cukup mampu menarik sambaran petir

Sementara itu, dikutip dari laman AMTA (Australian Mobile Technology Association), HP merupakan perangkat dengan daya rendah dan tidak memiliki karakteristik yang cukup mampu untuk menarik sambaran petir.

Meskipun beberapa orang berspekulasi bahwa HP membawa risiko ketika digunakan di luar ruangan karena petir tertarik pada logam, jumlah logam yang terkandung dalam telepon genggam tidak cukup untuk meningkatkan risiko tersambar petir.

Petir lebih berpotensi menyambar seseorang ketika berada di lokasi-lokasi tertentu, seperti raungan yang terbuka, area dengan tanah yang tinggi, area dekat air, menara seluler atau bangunan logam besar lain, serta pohon.

Faktor lokasi pengguna berada itu lebih penting diperhatikan untuk keselamatan dari sambaran petir ketimbang faktor penggunaan HP. Jadi, apakah main HP saat hujan petir berbahaya?

Apakah main HP saat hujan petir berbahaya?

Tidak bermain HP saat hujan petir merupakan bentuk kewaspadaan yang baik. Namun, merujuk pada penjelasan di atas, main HP saat hujan petir tidaklah berbahaya karena HP merupakan logam kecil yang tidak cukup mampu menarik sambaran petir.

Yang sangat penting untuk dicatat, dalam menjaga keselamatan, pengguna harus berada di lokasi yang aman dari risiko sambaran petir. Asumsi petir bisa menyambar HP merupakan salah satu kesalahan informasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com