Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Nova 12 Ultra Resmi dengan Fitur Satelit dan Kamera "Variable Aperture"

Kompas.com - 27/12/2023, 08:40 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan jajaran ponsel terbarunya dari keluarga "Nova", yaitu Huawei Nova 12 Series pekan ini. Dari lini tersebut, Huawei Nova 12 Ultra merupakan model tertinggi yang memiliki spesifikasi paling mumpuni.

Salah satu fitur unggulan di ponsel ini adalah dukungan fitur komunikasi (telepon dan pesan singkat alias SMS) via konektivitas satelit. Fitur ini didukung sepenuhnya oleh layanan satelit milik Beidou.

Dengan layanan ini, pengguna akan tetap bisa menelepon atau mengirimkan pesan singkat kepada teman dan kerabat mereka meski ponsel tak mendapatkan sinyal seluler.

Fitur unggulan Huawei Nova 12 Ultra lainnya adalah kamera utama beresolusi 50 MP yang memiliki bukaan fleksibel (variable aperture) dengan rentang f/1.4-4.0 dan filter warna RYYB.

Kamera utama ini ditemani dengan satu kamera belakang lainnya yang memiliki resolusi 8 MP (f/2.2) dengan fungsi ultrawide berbidang pandang 112 derajat. Kamera ultrawide, begitu juga kamera utama Huawei Nova 12 Ultra, dimuat dalam sebuah modul elips.

Masih soal kamera, ponsel ini turut dibekali dengan dua kamera lainnya yang tersemat di lubang kamera (punch hole) berbentuk kapsul. Modul yang terletak di tengah atas layar tersebut memuat kamera ultrawide 60 MP dan kamera 8 MP (2x optical zoom) untuk fitur Portrait.

Beralih ke aspek desain, Huawei Nova 12 Ultra mengadopsi layar LTPO OLED berukuran 6,76 inci dengan resolusi 2.776 x 1.224 piksel. Layar ini memiliki refresh rate 120 Hz dan mampu menampilkan 1 miliar warna, serta sudah dilapisi dengan pelindung layar Kunlun Glass.

Baca juga: Terungkap, Teknologi Rahasia Chip Huawei Mate 60 Pro yang Bikin Amerika Meradang

Ilustrasi tiga varian warna Huawei Nova 12 Ultra.Huawei Ilustrasi tiga varian warna Huawei Nova 12 Ultra.

Pada aspek hardware, Huawei belum menyebut apa chipset yang digunakan Huawei Nova 12 Ultra.

Rumor menyebut bahwa ponsel ini ditenagai dengan chipset terbaru bikinan Huawei sendiri, yaitu Kirin 9000S. Chipset dengan fabrikasi 7nm ini memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core) dengan kecepatan clock maksimal hingga 2,62 GHz.

Baca juga: Ini Performa Kirin 9000S, Chip di HP Huawei Mate 60 Pro yang Bikin AS Ketar Ketir

Huawei juga tak menyebut berapa besar RAM yang dimiliki perangkat teranyarnya ini. Namun yang jelas, ponsel ini dibekali dengan dua opsi media penyimpanan (storage), yaitu 512 GB dan 1 TB, serta menjalankan sistem operasi (OS) khas Huawei HarmonyOS 4.

Untuk aspek daya, ponsel yang merupakan model paling mumpuni di Huawei Nova 12 Series ini turut ditopang dengan baterai 4.600 mAh yang mendukung pengisian cepat via konektor USB-C dengan dukungan daya hingga 100 watt.

Fitur pendukung Huawei Nova 12 Ultra mencakup pemindai sidik jari yang dibenamkan di bawah layar, dual-band GPS, NFC, stereo speaker, dan masih banyak lagi.

Huawei Nova 12 Ultra tersedia dalam tiga varian warna yaitu Biru, Putih, dan Hitam. Ketiga varian warna ini memiliki desain cangkang yang bisa dibilang unik, lantaran memiliki material kulit dan dihiasi dengan logo "Nova" dengan tekstur tiga dimensi (3D).

Ponsel ini dipasarkan pertama kali di China dengan harga 4.699 yuan (sekitar Rp 10,1 juta) untuk varian storage 512 GB dan 5.499 yuan (sekitar Rp 11,8 juta) untuk varian storage 1 TB, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (27/12/2023).

Belum bisa dipastikan apakah ponsel ini akan dipasarkan di luar China, seperti di Indonesia, atau tidak. Kita nantikan saja.

Baca juga: Huawei Nova 11 SE Meluncur dengan Kamera 108 MP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com