Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menghemat Baterai HP agar Tak Cepat Habis saat Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 29/12/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara menghemat baterai HP di tengah perjalanan liburan akhir tahun. Di masa-masa libur Natal dan Tahun Baru seperti ini, pergi berwisata merupakan suatu pilihan yang tepat.

Dalam perjalanan liburan akhir tahun, HP menjadi perangkat yang cukup penting. HP bisa dipakai untuk menunjang berbagai aktivitas, seperti melihat arah lokasi, memesan tiket wisata, memesan penginapan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Lagi Liburan di Pantai? Ini 4 Cara Menghindari Pasir Menempel di Smartphone

Lantaran punya fungsi yang penting, pengguna hendaknya perlu menghemat baterai HP agar tak cepat habis selama perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru. Lantas, bagaimana cara menghemat baterai HP selama liburan akhir tahun?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghemat baterai HP selama perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru.

Cara menghemat baterai HP selama liburan Natal dan Tahun Baru

Ada beberapa cara menghemat baterai HP yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, pengguna bisa mengurangi menjalankan beberapa aplikasi berat yang banyak mengonsumsi daya HP, selama perjalanan liburan.

Kemudian, untuk menghemat baterai HP, pengguna juga bisa menurunkan kecerahan layar HP selama perjalanan liburan. Selain itu, masih banyak lagi cara menghemat baterai HP yang dapat dilakukan selama liburan akhir tahun.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara menghemat baterai HP selama perjalanan liburan akhir tahun adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi menjalankan aplikasi berat

Cara menghemat baterai HP saat pergi liburan Natal dan Tahun Baru yang pertama adalah mengurangi menjalankan aplikasi berat, seperti game online 3D, pemutaran video, dan sebagainya.

Anda dapat memeriksa aplikasi yang paling boros mengonsumsi baterai dan mulai menghentikan atau mengurangi pengoperasiannya. Cara memeriksa aplikasi tersebut berbeda-beda di tiap HP.

Di HP berbasis Android, misalnya, pengguna bisa mengunjungi opsi "Settings" dan pergi ke menu "Baterry & performance" dan pilih "Power usage". Di pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai.

2. Menurunkan tingkat kecerahan layar

HP dengan pengaturan tingkat kecerahan layar yang tinggi, biasanya bakal membuat daya jadi cepat terkuras. Dengan demikian, menghemat baterai HP bisa dilakukan dengan mengatur tingkat kecerahan layar yang ideal.

Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar HP secara manual, supaya bisa mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama. Bila mengaktifkan fitur kecerahan otomatis, terdapat sensor tambahan yang bakal bekerja dan bisa mengonsumsi daya secara perlahan.

3. Mematikan fitur konektivitas saat tak digunakan

Fitur konektivitas pada HP yang mengandalkan frekuensi radio, seperti jaringan seluler, NFC, GPS, Wi-Fi dan sebagainya, bisa jadi faktor yang menghabiskan cukup banyak daya pada baterai.

Bahkan, saat Anda berada di wilayah susah sinyal, sistem bakal bekerja ekstra untuk menyambungkan HP dengan jaringan seluler, yang mengakibatkan baterai jadi terkuras banyak.

Untuk itu, cara menghemat baterai HP bisa dilakukan dengan mematikan fitur konektivitas HP, seperti GPS, jaringan seluler, atau WiFi, saat sedang tidak terlalu dibutuhkan selama perjalanan liburan akhir tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com