Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Hari Ini Rayakan Malam Tahun Baru Pakai Lampu Disko dan Konfeti

Kompas.com - 31/12/2023, 06:52 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Ada yang berbeda ketika mengakses halaman web Google.com atau Google.co.id hari ini, Minggu (31/12/2023).

Tampilan depan situs web Google berubah. Tulisan "google" yang biasanya sebatas karakter atau huruf berwarna, hari ini tampil lebih meriah dengan hiasan-hiasan.

Google Doodle hari ini merayakan malam tahun baru 2023. Tulisan Google di situs web tersebut dihiasi dengan aksen konfeti warna warni.

Di bagian atas, terdapat confetti yang membentuk tulisan "2023". Ini menandakan bahwa sebentar lagi, kita akan meninggalkan tahun 2023 dan memasuki tahun baru 2024.

"Doodle ini membawa kilauan dan gemerlap untuk memulai tahun baru," tulis Google di halaman resmi Google Doodle.

Kemudian huruf "O" pada tulisan "Google" juga dibuat menjadi ala lampu disko yang bisa berputar.

Baca juga: Cara Cek Tempat Wisata di Google Maps buat Liburan Tahun Baru 2024

Ketika Google Doodle tersebut diklik, pengguna akan disajikan berbagai informasi seputar malam pergantian tahun. Pada bagian atas hasil pencarian, terdapat pula gambar terompet yang menjadi ciri khas malam tahun baru.

"Saat jam semakin mendekati tengah malam, orang-orang di seluruh dunia merencanakan resolusi tahun baru mereka dan mendoakan kesuksesan, cinta, kegembiraan, dan segala sesuatu di antaranya," lanjut Google.

Pantauan KompasTekno, Google Doodle malam tahun baru ini juga muncul di berbagai wilayah di dunia, tidak hanya di Indonesia. Google Doodle malam tahun baru ini muncul di wilayah Eropa, Amerika, Asia, dan Australia.

Asal usul Google Doodle

Kehadiran Google Doodle sendiri bermula sejak tahun 1998. Dua pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin saat itu memutuskan untuk mengambil cuti kantor untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan.

Waktu istirahat tersebut akan digunakan mereka untuk menghadiri acara festivial Burning Man dilaksanakan di Black Rock Desert, Nevada, Amerika Serikat. Burning Man adalah festival tahunan yang dilakukan di padang pasir dan menampilkan pertunjukan artistik, instalasi seni, dan musik.

Baca juga: Cara Bikin Ucapan Tahun Baru 2024 via ChatGPT, Bisa buat Atasan, Teman, atau Keluarga

Saat mengambil cuti, Page dan Brin harus memberi tahu seluruh karyawannya bahwa bos mereka sedang rehat. Uniknya, pengumuman itu tidak ditulis dalam sebuah memo dan diedarkan ke seluruh internal kantor.

Page dan Brin memilih cara unik, yakni mengubah sedikit logo Google dengan menyematkan gambar stickman, maskot acara festival Burning Man yang menyerupai orang yang sedang mengangkat tangan.

Ilustrasi stickman tersebut diletakkan di belakang huruf “O” kedua pada Google. Logo Google "edisi" Burning Man itu muncul di laman utama Google pada 30 Agustus 1998, satu hari sebelum festival dimulai. Dari sinilah tradisi atau kebiasaan membuat Google Doodle muncul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com