Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membuat Stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 28/12/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tahun 2023 tak terasa akan berakhir, yang berarti juga sebentar lagi kita bakal memasuki tahun baru. Untuk merayakannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk memberikan ucapan selamat Tahun Baru 2024.

Ucapan selamat Tahun Baru 2024 dapat dibuat dan dikirim melalui berbagai format. Salah satunya adalah menggunakan stiker atau gambar mini di aplikasi pesan instan WhatsApp (WA). Pengguna bisa membuat stiker WA Tahun Baru 2024 sendiri.

Baca juga: Cara Kirim Voice Note WhatsApp Sekali Lihat agar Langsung Hilang Setelah Dibuka

Dalam hal ini, pengguna mungkin ingin mencoba membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp dan mengirimnya ke teman, saudara, atau kolega. Lantas, bagaimana cara membuat stiker WA tahun Baru 2024?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp.

Cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024

Cara membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp itu cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk membuat stiker WA dengan desain ucapan selamat Tahun Baru 2024.

Untuk membuatnya, pengguna bisa memakai aplikasi tambahan dan melalui fitur bawaan. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 adalah sebagai berikut.

1. Cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 di HP

Cara yang pertama adalah menggunakan aplikasi pembuat stiker WhatsApp di HP. Salah satu aplikasi tersebut adalah Sticker.ly. Adapun cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 di HP adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Sticker.ly di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Setelah mengunduh dan menginstalnya, silakan buka dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Di halaman awal aplikasi, klik ikon tambah dan pilih opsi pembuatan stiker antara “Animated” atau “Regular”. Untuk diketahui, opsi “Regular” itu untuk membuat stiker biasa, sedangkan “Animated” untuk membuat stiker bergerak atau stiker GIF.
  • Selanjutnya, pilih foto atau gambar yang hendak dijadikan stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp.
  • Setelah itu, bakal muncul halaman pengeditan gambar menjadi stiker. Di halaman pengeditan ini, pengguna bisa menambahkan teks dan emoji di desain stiker.
  • Jika telah selesai mengedit, silakan klik opsi “Save” untuk menyimpan stiker ke daftar koleksi.
  • Di daftar koleksi, pengguna bisa memilih stiker Tahun Baru 2024 yang tadi telah dibuat dan klik opsi “Add to WhatsApp”.
  • Stiker tersebut akan ditambahkan secara otomatis ke koleksi stiker WA.
  • Setelah ditambahkan ke WA, pengguna bisa langsung mengirim stiker Tahun Baru 2024 itu ke ruang obrolan.

Ilustrasi cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 di HP via aplikasi tambahan Sticker.ly.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 di HP via aplikasi tambahan Sticker.ly.

Baca juga: Cara Menyematkan Chat di WhatsApp dengan Mudah, Mirip di Telegram

2. Cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 via WhatsApp Web

Cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 yang kedua adalah melalui WhatsApp Web, yang biasa diakses melalui browser desktop (laptop atau komputer). Di WhatsApp Web, terdapat fitur bawaan yang dapat mengubah gambar menjadi stiker secara langsung.

Dengan fitur itu, pengguna bisa membuat stiker WA Tahun Baru 2024. Adapun penjelasan mengenai cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 via WhatsApp Web adalah sebagai berikut:

  • Buka WhatsApp Web di browser komputer atau laptop dan pastikan telah login akun.
  • Selanjutnya, buka ruang obrolan dengan kontak lain dan klik ikon tambah yang berada di sebelah kiri kolom pengetikan chat.
  • Kemudian, pilih menu “New Stickers”.
    Ilustrasi cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 via WhatsApp Web.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 via WhatsApp Web.
  • Setelah itu, pilih dan unggah gambar atau foto dari galeri desktop yang hendak dijadikan stiker WA.
  • Setelah gambar terunggah bakal muncul halaman pengeditan stiker.
    Ilustrasi cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 via WhatsApp Web.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 via WhatsApp Web.
  • Di halaman tersebut, pengguna bisa menambahkan teks dan emoji ke stiker yang hendak dibuat.
  • Selesai mengedit, pengguna bisa langsung mengirim stiker WA Tahun Baru 2024 itu ke ruang obrolan.

Ilustrasi cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 via WhatsApp Web.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 via WhatsApp Web.

3. Cara membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp iPhone

Cara membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp yang ketiga adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan di iPhone, yakni fitur seleksi objek pada gambar. Untuk diketahui, fitur ini hanya tersedia di iPhone dengan sistem operasi iOS 16 dan yang lebih baru.

  • Dengan fitur ini, pengguna dapat menyalin objek terpilih di gambar dan menempelkannya ke ruang obrolan WhatsApp untuk dijadikan stiker secara otomatis. Adapun penjelasan mengenai cara membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp iPhone adalah sebagai berikut:
  • Buka galeri di iPhone dan pilih salah satu foto atau gambar dengan tema selamat Tahun Baru 2024 yang objeknya hendak dijadikan stiker WA.
  • Kemudian, ketuk dan tahan gambar tersebut hingga muncul garis seleksi yang memisahkan antara elemen objek dengan background.
  • Setelah itu, bakal muncul menu konteks dan pilih opsi “Copy” atau “Salin”.
  • Selanjutnya, buka ruang obrolan di aplikasi WhatsApp iPhone.
  • Ketuk lama pada kolom pengetikan pesan dan pilih opsi “Tempel” atau “Paste”.
  • Kemudian, objek yang tersalin tadi bakal dikonversi menjadi stiker.
  • Setelah terkonversi, pratinjau stiker bakal muncul.
  • Terakhir, silakan klik opsi “Kirim” atau “Send” untuk mengirim stiker WA Tahun Baru 2024 di ruang obrolan.

Ilustrasi cara membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp iPhone.

Cukup mudah bukan cara membuat stiker Tahun Baru 2024 di WhatsApp? Dengan cara di atas, pengguna bisa membuat sendiri stiker WA Tahun Baru 2024 sesuai keinginan dan mengirimnya ke kontak untuk merayakan pergantian tahun.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan Kode Rahasia, Sudah Bisa Dicoba

Demikianlah penjelasan lengkap seputar berbagai cara membuat stiker WA Tahun Baru 2024 dengan mudah dan praktis, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com