Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Enjoy 70 Pro Meluncur Diam-diam, Bawa Kamera 108 MP

Kompas.com - 09/01/2024, 12:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Produsen smartphone asal China, Huawei, meluncurkan ponsel kelas menengah terbaru dari keluarga Enjoy, yakni Huawei Enjoy 70 Pro.

Huawei Enjoy 70 Pro muncul diam-diam di situs resmi Huawei China pada Senin (8/1/2024). Ponsel ini melengkapi model Huawei Enjoy 70 reguler yang dirilis pada awal Desember 2023.

Dengan embel-embel "pro", Huawei Enjoy 70 Pro di posisikan sebagai model tertinggi. Salah satunya karena dibekali konfigurasi kamera utama yang lebih tinggi, yakni 108 MP (f/1.9).

Kamera 108 MP tersebut ditemani oleh kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Kedua kamera ini kini dibenamkan dalam modul kamera belakang berbentuk bulat yang cukup besar.

Modul kamera Huawei Enjoy 70 Pro memiliki tampilan yang mirip dengan modul milik Huawei Mate 60 series.

Sebagai perbandingan, Huawei Enjoy 70 reguler dibekali kamera utama 50 MP dan kamera makro 2 MP. Keduanya dibenamkan dalam modul kamera belakang berbebjuk persegi panjang.

Dari segi performa, Huawei Enjoy 70 Pro ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G, dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 128/256 GB. Sebelumnya, Huawei menyematkan chipset bikinannya, Kirin 710A (14nm) di Huawei Enjoy 70 reguler.

Di atas kertas, Qualcomm Snapdragon 680 ini lebih mumpuni dibanding Kirin 710A. Misalnya, Snapdragon 680 sudah dibuat dengan fabrikasi 6nm. Chip ini mengandalkan CPU Kryo 265 dengan clockspeed 2,4 Ghz dan GPU Adreno 610.

Baca juga: Menjajal Huawei FreeClip, Earphone Open-Ear yang Punya Desain Unik

Spesifikasi Huawei Enjoy 70 Pro

Di China, Huawei Enjoy 70 Pro ditawarkan dalam pilihan warna Obsidian Black, Snowy White, dan Emerald Green shades. Huawei Di China, Huawei Enjoy 70 Pro ditawarkan dalam pilihan warna Obsidian Black, Snowy White, dan Emerald Green shades.
Untuk layar, Huawei Enjoy 70 Pro mengusung layar LCD 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 × 2.388 piksel), mendukung Always-on Display (AoD). Di sisi tengah layar terdapat punch hole yang menjadi rumah bagi kamera depan 8 MP (f/2.0).

Huawei Enjoy 70 Pro dibekali konfigurasi kamera utama 108 MP (f/1.9)  dan ditemani oleh kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Kedua kamera ini kini dibenamkan dalam modul kamera belakang berbentuk bulat yang cukup besar.

Di dalam modul tersebut, terdapat satu LED flash. Meski sekilas tampak ada tiga kamera dalam modul lingkaran Huawei Enjoy 70 Pro, tetapi sebenarnya kamera yang diusung di bagian punggung ini hanya ada dua.

Pada aspek software, Huawei Enjoy 70 Pro menjalankan sistem operasi HarmonyOS 4.0.

Sejak 2021, HarmonyOS menjadi pengganti sistem operasi Android besutan Google yang tak bisa lagi dipakai Huawei karena larangan ekspor teknologi dari pemerintah Amerika Serikat.

Karena tak menjalankan Android, ponsel ini tidak dibekali dengan layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik ponsel Huawei Enjoy 70 Pro tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com