Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Rilis E-paper Book Baru, Bisa Baca Buku Elektronik sampai 40 Jam

Kompas.com - 11/01/2024, 13:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi merilis perangkat elektronik terbarunya, pada Rabu (10/1/2024). Bukan smartphone, melainkan perangkat untuk membaca buku elektronik atau e-book. 

Perangkat ini disebut sebagai Xiaomi E-paper Book. Perangkat ini serupa dengan pembaca buku elektronik Kindle bikinan Amazon.

Alat pembaca buku elektronik Xiaomi ini tampil dengan layar HD berukuran 7 inci, kerapatan piksel 300 ppi, 32 level peredupan otomatis, dan rotasi layar otomatis.

Layar ini menggunakan teknologi E-ink Carta 1200. Teknologi ini menawarkan rasio kontras dan tingkat kecepatan respons yang lebih tinggi dibanding versi sebelumnya. Seperti pembaca e-book lain, layar perangkat Xiaomi e-paper book ini juga menampilkan tulisan layaknya di atas kertas.

Xiaomi e-paper book hadir dengan desain yang ergonomis. Sebab, separuh punggungnya dibuat tidak merata, sehingga memungkinkan perangkat digenggam satu tangan dengan nyaman.

Perangkat ini juga dilengkapi tombol fisik untuk menavigasi layar. Tombolnya ditempatkan tepat di samping layar.

Baca juga: Xiaomi Ungkap Logo HyperOS, Ini Maknanya

Xiaomi e-paper bookXiaomi Xiaomi e-paper book
Buku elektronik ini didesain ringan, hanya 166 gram. Bobotnya terbilang lebih ringan dibanding Xiaomi Paper Book Pro II yang rilis Maret 2022 yang bobotnya sampai 250 gram.

Dapur pacunya ditenagai chip dengan CPU quad-core, dipadukan dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 64 GB.

Pada aspek software, buku elektronik ini berjalan dengan sistem operasi (OS) Android 11 dan dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang bisa disesuaikan dengan layar Ink agar pengalaman penggunaannya lebih nyaman.

Selain fungsi utamanya, Xiaomi e-paper book mengunggulkan daya tahan yang diklaim bisa sampai 40 jam. Pasalnya, buku elektronik ini dibekali baterai berkapasitas 1200 mAh.

Dukungan ini diklaim bisa membuat perangkat bertahan sampai 7 minggu dalam mode standby dan sampai 40 jam saat dipakai secara intens.

Xiaomi juga menyediakan charging case magnetis yang dibekali baterai berkapasitas 1950 mAh. Fitur lainnya yaitu WiFi dual-band, Bluetooth 5.2 dan port USB untuk transfer data dan lain sebagainya.

Baca juga: Baca Majalah dan E-Book di Oppo Pad Air Lebih Nyaman dengan E-Ink

Dengan sejumlah spesifikasi di atas, Xiaomi e-paper book dibanderol seharga 1.399 yuan atau setara sekitar Rp 3 juta, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (11/1/2024).

Pada tahun 2022, Xiaomi juga menghadirkan perangkat buku elektronik Paper Book 11 Pro di China. Namun daya tahannya hanya sampai 6 jam, jauh lebih rendah dibanding Xiaomi e-paper book yang dirilis kali ini.

Meski begitu, buku elektronik ini menawarkan layar lebih lega sampai 7,8 inci, resolusi 1872 x 1404 piksel dan kerapatan piksel 300 ppi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com