Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Otak" Oppo Reno 11 5G Series Versi Indonesia Beda dengan China, Ini Alasannya

Kompas.com - 12/01/2024, 10:31 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo resmi merilis Reno 11 Series 5G di Indonesia, Kamis (11/1/2024). Ada dua model yang diperkenalkan yaitu Oppo Reno 11 5G dan Oppo Reno 11 Pro 5G.

Oppo Reno 11 5G dan Oppo Reno 11 Pro 5G yang hadir di Indonesia, dibekali dengan chipset yang berbeda dari versi China.

Di China, Oppo Reno 11 5G ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 8200, sedangkan Oppo Reno 11 Pro 5G memakai chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Sementara itu, Oppo Reno 11 5G di Indonesia dibekali "otak" Mediatek Dimensity 7050, lalu untuk Oppo Reno 11 Pro 5G menggunakan chipset Dimensity 8200.

Head of PR Oppo Indonesia, Baskoro Adiwiyono mengatakan bahwa perbedaan chipset di kedua ponsel terbarunya ini merupakan hal yang cukup wajar, lantaran setiap pasar memiliki kebutuhannya masing-masing.

"Kami sebenarnya terus bekerja sama dengan pembuat chipset dan Oppo memiliki pertimbangan sendiri ketika meluncurkan suatu ponsel di sebuah pasar," ujar Baskoro kepada KompasTekno di sela peluncuran Oppo Reno 11 Series 5G di Oppo Gallery Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2024).

"Untuk pasar Indonesia, kami tak memiliki alasan spesifik mengapa chipset Oppo Reno 11 5G dan Oppo Reno 11 Pro 5G berbeda dari China. Namun, kami percaya chipset tersebut sudah cocok untuk pasar di Indonesia," tambah Baskoro.

Baca juga: Oppo Reno 11 5G dan 11 Pro 5G Resmi di Indonesia, Bawa Telefoto dan Link Boost

Ada Oppo Reno 11 Pro Plus 5G?

Head of PR Oppo Indonesia, Baskoro Adiwiyono saat ditemui di sela peluncuran Oppo Reno 11 Series 5G di Oppo Gallery Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2024).Kompas.com/BILL CLINTEN Head of PR Oppo Indonesia, Baskoro Adiwiyono saat ditemui di sela peluncuran Oppo Reno 11 Series 5G di Oppo Gallery Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2024).
Selain perbedaan chipset antara versi Indonesia dan China, Baskoro turut menjawab pertanyaan terkait kehadiran Oppo Reno 11 Pro Plus 5G di Indonesia.

Sebab, tahun lalu, Oppo memboyong Oppo Reno 10 Pro Plus 5G ke Indonesia, selain Oppo Reno 10 5G dan Oppo Reno 10 Pro 5G.

Menurut Baskoro, pihaknya belum memiliki rencana untuk membawa model Oppo Reno 11 Series 5G lain ke Tanah Air.

"Dari segi permintaan konsumen, kami melihat bahwa untuk 2024 ini, ponsel yang bisa dibilang pas dan cocok untuk kondisi pasar Indonesia untuk Reno Series adalah varian 'reguler' dan 'Pro'," jelas Baskoro.

Kehadiran Oppo Reno 11 Pro Plus 5G sendiri belum terendus di pasar manapun, sehingga ponsel ini bisa saja tiba-tiba ada dan diperkenalkan di pasar global dalam waktu dekat, atau justru tidak ada.

"Untuk Oppo Reno 11 Pro Plus 5G, tunggu saja kejutan dari kami ke depannya," ungkap Baskoro.

Oppo Find X7 Series masuk Indonesia?

Oppo Find X7 Ultra.Oppo Oppo Find X7 Ultra.
Terlepas dari Oppo Reno 11 Series 5G, Baskoro juga memberikan sedikit informasi terkait ponsel flagship Oppo, Find X7 Series yang sudah meluncur di pasar China beberapa hari lalu.

Menurut dia soal Oppo Find X7 Series, pihaknya saat ini sedang melihat tren dan kebutuhan konsumen di Indonesia terkait minat ponsel flagship.

Baca juga: Oppo Find X7 Resmi dengan Chip Dimensity 9300 dan Kamera Periskop

"Kalau untuk ponsel flagship (Find X7) kami sedang melihat apakah tren dan minat masyarakat tinggi atau tidak untuk produk tersebut. Yang jelas saat ini, untuk kelas flagship, kami akan tetap meneruskan hype yang berasal dari flagship kami di Oppo Find N3 Series," kata Baskoro.

Baskoro tak menyebut secara gamblang apakah Indonesia akan kebagian Oppo Find X7 Series atau tidak. Model terakhir dari Find X Series yang meluncur di Tanah Air adalah Oppo Find X5 Pro.

Namun yang jelas, pasar Indonesia tak akan kebagian salah satu model dari Find X7 Series, yaitu Find X7 Ultra. Sebab, pihak Oppo sebelumnya memastikan bahwa ponsel tersebut hanya akan dijual di pasar China saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com