Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Poco X6 5G, Serba Meningkat dari Sebelumnya

Kompas.com - 16/01/2024, 16:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Poco X6 5G baru saja resmi diluncurkan pekan lalu. Ponsel terbaru Poco di awal 2024 tersebut akan segera memasuki pasaran Indonesia.

Dibandingkan Poco X5 5G sebelumnya, Poco X6 5G menawarkan banyak peningkatan. Hampir semua aspek ponsel ini mendapat upgrade, mulai dari system-on-chip yang digunakan, daya pengisian baterai, hingga kamera.

Baca juga: Poco X6 dan X6 Pro Resmi Meluncur dengan HyperOS

Tampilan luarnya pun ikut dirombak sehingga tampak sedikit berbeda dibandingkan pendahulunya.

Aksesori lengkap

Kotak kemasan Poco X6 yang berukuran relatif besar dengan warna dasar hitam dan font kuning khas Poco ternyata memuat rangkaian aksesori yang lengkap.

Selain unit ponsel, pembelinya akan mendapatkan charger dengan output 67 watt, sesuai dengan daya fast charging yang didukung, berikut kabel USB A ke USB C.

Seperti kebiasaan Poco selama ini, sejumlah stiker bertema Poco ikut diselipkan, bersama sebuah ucapan terima kasih, booklet panduan singkat dan garansi, serta SIM card ejector tool.

Aksesori pelengkap di dalam kemasan Poco X6 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Aksesori pelengkap di dalam kemasan Poco X6 5G

Poco pun memberikan casing untuk melindungi ponsel. Bentuknya bukan softcase, melainkan hardcase berwarna hitam dengan tekstur yang terasa mirip karet ketika diraba.

Bagian dalam casing berpola garis-garis vertikal. Sementara, di sisi atasnya terdapat cutout persegi panjang berukuran besar sesuai dengan bentuk modul kamera Poco X6 5G.

Tampilan masih mirip, tapi beda

Penampilan Poco X6 5G sebenarnya masih mirip dengan perangkat tedahulu. Hanya saja, Poco menerapkan sejumlah perubahan kecil seingga membuat ponsel ini bisa dibedakan dari Poco X5.

Baca juga: Poco C65 Rilis di Indonesia, Mirip Redmi 13C Harga Lebih Murah

Perubahan yang paling kentara ada di modul kamera. Rangkaian kamera belakang dan LED flash kini disusun lebih rapi membentuk persegi. Logo "Poco" juga dikecilkan ukurannya sehingga tak terlalu dominan, lalu orientasinya diubah menjadi horizontal.

Tampilan punggung Poco X6 varian warna WhiteKOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan punggung Poco X6 varian warna White

Untuk varian warna White yang diterima KompasTekno, warna punggungnya tidak polos, melainkan berpola dengan corak mirip es batu. Bagian punggung memiliki finishing glossy, tapi untungnya noda sidik jari tak kentara lantaran adanya pola tadi.

Layar Poco X6 5G masih berukuran sama seperti sebelumnya, dengan diagonal 6,57 inci (2.712 x 1.220), panel AMOLED, dan refresh rate 120 Hz, tapi kini dilapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Tampilan layar Poco X6 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan layar Poco X6 5G

Di sisi atas layar bertengger sebuah punch hole yang memuat kamera selfie. Sementara, di bagian bawah terdapat in-display fingerprint scanner.

Baca juga: Masih Pakai Chip Lama, Apa Bedanya Poco C65 dari C55?

Bagian frame Poco X6 5G berbentuk flat alias rata. Sisi bawahnya memuat konektor USB C, loudspeaker pertama, dan laci SIM card yang bisa memuat dua buah nano-SIM dalam posisi saling membelakangi, tapi tak ada tempat untuk kartu memori microSD.

Laci SIM Poco X6 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Laci SIM Poco X6 5G

Sisi bawah (foto kiri) dan sisi atas Poco X6 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi bawah (foto kiri) dan sisi atas Poco X6 5G

Di bagian atas terdapat loudspeaker kedua sehingga Poco X6 5G mampu menghasilkan keluaran suara stereo. Selain itu terdapat konektor jack audio 3,5mm dan IR blaster untuk mengendalikan perangkat-perangkat home appliances dengan aplikasi remote.

Kamera dan spesifikasi meningkat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com