Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Google Activity, Fungsi, Fitur-fitur, dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - Diperbarui 23/01/2024, 11:23 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Google menjadi salah satu platform yang tak asing lagi bagi masyarakat. Tak hanya semata untuk sebagai peramban untuk menelusuri interet, Google memiliki berbagai platform lain yang biasa digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Misalnya saja Google Mail, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Workspace, dan masih banyak lainnya. Setiap produk Google memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Salah satunya Google Activity yang berguna untuk mengakses dan mengontrol aktivitas akun Google Anda.

Setiap pengguna yang mendaftar akun Google secara otomatis akan terhubung dengan kanal Google Activity. Nah bagi Anda yang masih kurang familiar fungsi dan penggunaan Google Activity, selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: Diperbarui, Google Activity Cards Bisa Mempermudah Pencarian di Internet

Pengertian Google Activity

Dilansir dari laman CNET, Google Activity atau myactivity.google.com adalah halaman aktivitas yang memungkinkan pengguna bisa melihat semua informasi penting yang dikumpulkan Google mengenai aktivitasnya selama menggunakan berbagai platform di Google.

Di halaman Google Activity, pengguna akan menemukan jejak aktivitas dari berbagai produk Google, seperti Penelusuran, Penelusuran Gambar, Maps, Play, Belanja, YouTube, dan bahkan saat Anda mengakses Bantuan Google. Jadi, setiap kunjungan Anda ke laman Bantuan juga dicatat oleh Google.

Secara default, Google Activity menunjukkan rangkuman kegiatan pengguna dalam bentuk garis waktu, di mana data digabungkan berdasarkan hari. Jika Anda ingin melihat daftar setiap item secara terpisah di timeline, cukup klik tombol menu (tiga baris) di sudut kiri atas dan pilih opsi "Tampilan item".

Fungsi Google Activity

Berikut ini beberapa fungsi dari Google Activity: 

Melacak aktivitas pengguna

Google Activity mencatat aktivitas pengguna, termasuk penelusuran web, penelusuran gambar, penggunaan Google Maps, penggunaan aplikasi Play, penelusuran YouTube, dan lainnya.

Riwayat pencarian

Menyimpan riwayat pencarian pengguna, memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengelola riwayat penelusuran mereka dari waktu ke waktu.

Privasi dan kontrol

Memberikan kontrol kepada pengguna atas data aktivitas mereka. Pengguna dapat menghapus atau mengelola jejak aktivitas mereka untuk meningkatkan privasi.

Akses di berbagai perangkat

Dapat diakses melalui berbagai perangkat, memungkinkan pengguna untuk melihat aktivitas mereka dari komputer, ponsel, atau tablet.

Integrasi dengan berbagai layanan

Menggabungkan aktivitas dari berbagai layanan Google, menciptakan gambaran yang komprehensif tentang interaksi pengguna dengan ekosistem Google.

Baca juga: Cara Hapus Foto Screenshots yang Menumpuk di Google Photos

Fitur-fitur Google Activity

Fitur-fitur Google Activity cukup beragam dan membantu Anda mengontrol serta menelusuri data aktivitas Anda dalam layanan Google. Berikut beberapa fitur utama:

Filter dan pencarian

  • Berdasarkan tanggal: mencari aktivitas sesuai rentang waktu tertentu.
  • Berdasarkan produk: menelusuri aktivitas dalam layanan Google tertentu seperti Search, Youtube, Maps, dll.
  • Berdasarkan kata kunci: mencari aktivitas spesifik berdasarkan kata kunci yang digunakan.
  • Berdasarkan lokasi: melihat aktivitas yang terkait dengan lokasi Anda.

Kontrol aktivitas

  • Menghapus aktivitas individual: hapus aktivitas tertentu yang tidak diinginkan.
  • Menghapus aktivitas Berdasarkan Tanggal: hapus semua aktivitas dari periode tertentu.
  • Menghapus seluruh aktivitas: menghapus seluruh data aktivitas.
  • Mengontrol pengaturan privasi: mengelola pengaturan pengumpulan data untuk berbagai layanan Google dan jenis data yang disimpan.

Akses dan ekspor data

Melihat detail aktivitas: klik pada aktivitas untuk melihat detail lengkap seperti situs web dikunjungi, video ditonton, atau dokumen diedit.
Ekspor aktivitas: Unduh data aktivitas Anda dalam format JSON atau ZIP untuk digunakan dengan layanan lain.

Fitur tambahan

  • Verifikasi tambahan: Aktifkan atau nonaktifkan verifikasi dua langkah untuk melindungi akun Anda.
  • Aktivitas yang Tidak Dikenali: Temukan dan kelola aktivitas yang mungkin bukan berasal dari Anda.
  • Pengelolalan Asisten Google: Kontrol data yang dikumpulkan oleh Asisten Google dan perangkat smart home

Cara menggunakan Google Activity

Ilustrasi Google ActivityKompas.com/soffyaranti Ilustrasi Google Activity

  • Masuk ke Google Chrome
  • Pastikan Anda sudah menghubungkan ke akun Google Anda
  • Selanjutnya masuk ke laman https://myactivity.google.com/ 
  • Selanjutnya mulau telusuri aktivitas Anda
  • Di sebelah kiri Anda akan menemukan filter berdasarkan tanggal, produk Google (seperti Penelusuran, YouTube, atau Maps), dan kata kunci. Gunakan filter ini untuk menemukan aktivitas spesifik yang Anda inginkan
  • Klik pada aktivitas untuk melihat detail lebih lanjut, seperti situs web yang dikunjungi, video yang ditonton, atau dokumen yang diedit
  • Selanjutnya Anda bisa mengatur dan mengecek berbagai aktivitas, mulai menghapus, melihat riwayat, dan lain sebagainya.

Baca juga: Backup Chat WhatsApp Kini Makan Penyimpanan Google Drive

Demikian ulasan mengenai Google Activity dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat. Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com