Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Backup Chat WhatsApp Kini Makan Penyimpanan Google Drive

Kompas.com - 02/01/2024, 12:06 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Mencadangkan (backup) riwayat chat WhatsApp kini tidak lagi gratis. Backup WA sekarang mengonsumsi ruang penyimpanan Google Drive pengguna. Kebijakan ini berlaku mulai awal tahun 2024 ini.

Perubahan itu juga dikonfirmasi oleh sejumlah pengguna WhatsApp Android versi beta. Mereka mendapati bahwa mencadangkan data WA kini sudah mengonsumsi kuota Google Drive.

Jika ukuran file yang dicadangkan besar, maka kuota penyimpanan Google Drive pengguna juga akan cepat habis. Jika habis, maka pengguna harus berlangganan untuk memperbesar kapasitas penyimpanan Drive.

Kebijakan ini berubah dari yang sudah ada sebelumnya. Semula, mencadangkan file atau riwayat chat WhatsApp di Android tidak memakan ruang penyimpanan Google Drive gratisan maupun berbayar, meski riwayat tersebut disimpan di Drive.

Data backup sendiri biasanya dipakai ketika pengguna berganti ponsel. Jadi, riwayat chat WA tidak hilang begitu saja.

Adapun Google memberikan ruang penyimpanan gratis di Drive ke setiap pengguna sebesar 15 GB. Ruang penyimpanan itu bisa dipakai untuk aneka data atau file, termasuk Gmail, Google Photos dan lain sebagainya.

Nah, selain layanan itu tadi, sekarang data WhatsApp juga akan memakan ruang penyimpanan gratis Drive setiap pengguna.

Perlu dicatat bahwa perubahan itu baru dikonfirmasi oleh pengguna beta. Artinya, belum semua pengguna WhatsApp Android mendapati hal yang sama, setidaknya saat ini.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Baru untuk Nobar saat Video Call

Kebijakan ini ke depannya bakal berlaku bagi semua pengguna WhatsApp Android secara bertahap. Induk WhatsApp, Meta, juga akan merilis notifikasi 30 hari sebelumnya ke pengguna soal kebijakan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (2/1/2024).

Perubahan ini sebenarnya sudah diumumkan Google sebagai pemilik layanan cloud Drive pada November lalu. Saat itu Google mengubah kebijakan terkait penggunaan ruang backup chat WA di Drive.

Lewat halaman Support, Google mengumumkan bahwa backup chat WhatsApp di Android tidak akan gratis "kuota" penyimpanan Google Drive lagi mulai akhir 2023.

Tidak hanya Android, kebijakan yang sama sudah berlaku selama bertahun-tahun untuk pengguna WhatsApp iOS. Perbedaannya, pengguna iOS hanya mendapatkan ruang gratis di cloud sebesar 5 GB.

Tips hemat ruang WhatsApp

WhatsApp sendiri mengakomodir sejumlah data, termasuk chat hingga foto maupun video yang memiliki ukuran besar.

Dalam hal backup, WhatsApp menyediakan lima opsi pencadangan yang nantinya tersimpan di Drive, yakni "Never" (tidak pernah), "only when I tap "Back up" (hanya ketika saya klik cadangkan), "daily" (harian), "weekly" (mingguan), dan "monthly" (bulanan).

Baca juga: 6 Tips Pakai WA Lebih Privasi dan Aman, Menurut Bos WhatsApp

Fitur backup WhatsApp ini bisa diakses lewat "Settings" > "Chats" > "Chat backup".

Bila pengguna tidak ingin menghabiskan ruang penyimpanan di Google Drive hanya untuk WhatsApp, pilih opsi backup pesan teks saja, tanpa file media (foto/video). Pasalnya, file media seringkali punya ukuran yang besar dan memakan banyak ruang penyimpanan.

Alternatif lainnya yaitu dengan menyimpan data backup WhatsApp di memori lokal alias di perangkat, bukan di cloud Drive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com