Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan Google Docs yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 01/02/2024, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan Google Docs, terutama untuk pengguna yang tengah belajar mengoperasikannya. Tujuannya supaya pengguna dapat memaksimalkan pengoperasian Google Docs.

Kemudian, dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Google Docs, pengguna juga bisa mengantisipasi beberapa hal yang mungkin bisa jadi menghambat produktivitas. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Google Docs?

Baca juga: 2 Cara Memasukkan Gambar di Google Docs dengan Mudah dan Praktis

Pengertian dan fungsi Google Docs

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya, ada baiknya untuk memahami dulu pengertia serta fungsi Google Docs. Untuk diketahui, Google Docs adalah program pengolah kata berbasis website yang bisa diakses secara online.

Dengan Google Docs, pengguna bisa mengolah, mengedit. dan menyimpan dokumen pekerjaannya secara online, sehingga dapat diakses kapan pun dan dari perangkat mana pun. Pengolahan teks menjadi lebih mudah dengan Google Docs.

Untuk mengakses Google Docs, pengguna tak perlu berlangganan atau membelinya terlebih dahulu. Google Docs bisa diakses secara gratis melalui browser desktop atau aplikasi HP (handphone).

Pengguna hanya membutuhkan akun Google (akun Gmail) untuk mengakses Google Docs. Untuk diketahui, Google Docs adalah salah satu program perkantoran (office) berbasis online atau Cloud yang dikembangkan Google.

Selain Google Docs, terdapat pula Google Sheets, Google Slides, Google Drawings, Google Forms, Google Sites, dan Google Keep. Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu Google Docs. Lalu, apa fungsi Google Docs?

Fungsi Google Docs secara umum mirip dengan program pengolah kata yang sudah cukup populer, yakni Microsoft Word. Fungsi Google Docs secara umum adalah untuk mengolah, mengedit, dan menyimpan dokumen.

Selain itu, terdapat beberapa fungsi Google Docs yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa fungsi Google Docs yang perlu diketahui.

1. Menulis dan mengedit teks

Fungsi Google Docs yang pertama adalah untuk menulis dan mengedit teks. Pengguna dapat memakai Google Docs untuk menulis dan mengedit teks dengan menggunakan berbagai alat pemformatan yang tersedia.

Ada banyak alat pemformatan yang tersedia di Google Docs, seperti pengaturan tata letak teks, pengaturan font, pengaturan format teks, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Print Dokumen Google Docs dengan Tambahan Komentar

2. Menambahkan dan mengedit gambar

Selain mengedit teks, Google Docs juga dapat digunakan untuk menambahkan dan mengedit gambar. Pengguna bisa menyisipkan gambar ke dokumen Google Docs dan melakukan beberapa pengeditan sederhana seperti mengatur tata letak dan ukurannya.

3. Membuat tabel

Ketiga, Google Docs dapat difungsikan pula untuk membuat dan menambahkan tabel pada dokumen Google Docs. Pengguna bisa menyisipkan tabel ke dokumen Google Docs dengan format tabel sesuai keinginan.

4. Menyimpan dokumen

Fungsi Google Docs yang berikutnya adalah menyimpan dokumen. Lewat Google Docs, pengguna bisa menyimpan dokumen secara online, sehingga dapat diakses kapan pun dan dari perangkat mana pun.

5. Berbagi dokumen dan mengedit bersama

Fungsi Google Docs yang kelima adalah berbagi dokumen dan mengedit bersama. Di Google Docs, pengguna bisa membagikan dokumen yang telah dikerjakannya ke pengguna lain. Kemudian, pengguna bisa memberikan izin untuk mengedit bersama dokumen yang dibagikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com