Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian dengan Mudah

Kompas.com - 01/02/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sebagian. Ada beberapa masalah pada layar HP, terutama layar berjenis touchscreen, yang umum terjadi.

Salah satunya adalah layar HP tidak bisa disentuh sebagian. Sebagaimana cukup umum diketahui, layar pada HP menjadi komponen yang cukup penting. Pasalya, seluruh kontrol dan navigasi operasi HP dilakukan melalui layar.

Baca juga: Layar iPhone Macet dan Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya

Jika terjadi gangguan seperti layar HP tidak bisa disentuh sebagian, pengguna mungkin bakal kerepotan. Saat masalah atau gangguan itu terjadi, pengguna tidak akan dapat mengoperasikan HP dengan optimal.

Dalam masalah ini, layar HP tidak bisa disentuh sebagian dapat terjadi pada bagian-bagian tertentu seperti bagian atas layar, bagian bawah layar, dan bagian samping kiri-kanan layar.

Lantaran bakal merepotkan, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sebagian. Lantas, bagaimana cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sebagian?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sebagian dengan mudah dan praktis.

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh sebagian

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab layar HP tidak bisa disentuh sebagian. Lantas, apa penyebab layar HP tidak bisa disentuh sebagian? Perlu diketahui, ada beberapa penyebab yang menimbulkan masalah tersebut.

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh sebagian yang pertama bisa datang dari adanya debu atau cairan yang menempel di layar HP. Cairan atau debu yang menempel di permukaan layar HP bisa membuat responsivitas sentuhannya terganggu.

Kemudian, penyebab layar HP tidak bisa disentuh sebagian juga bisa dikarenakan penggunaan perangkat cas yang tidak asli atau abal-abal.

Output daya dari charger abal-abal cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan output daya itu bisa mengganggu responsivitas sentuhan layar.

Selanjutnya, penyebab layar HP tidak bisa disentuh sebagian bisa ditimbulkan karena terdapat kerusakan komponen di bagian dalam, yang datang dari beberapa kesalahan penggunaan seperti HP terjatuh atau tertekan.

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh sebagian yang lainnya juga dapat ditimbulkan lantaran terdapat bug pada sistem perangkat lunak dan penggunaan screen guard atau lapisan pelindung layar yang tidak sesuai.

Itulah beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memperbaiki layar HP tidak bisa disentuh dengan mudah dan praktis

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sebagian

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sebagian itu bisa dibilang cukup mudah, bergantung faktor yang menyebab masalah itu terjadi. Ada beberapa cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sebagian yang dapat dilakukan pengguna.

Misalnya, pengguna bisa membersihkan layar HP dari kotoran debu atau cairan yang menempel. Kemudian, jika ditimbulkan dari masalah perangkat lunak, pengguna bisa mencoba untuk melakukan restart HP atau masuk ke Safe Mode pada HP Android.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com