Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Fastboot di HP Xiaomi dan Cara Keluar dari Modenya

Kompas.com - Diperbarui 26/01/2024, 07:27 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pengguna HP Xiaomi sudah tidak asing lagi dengan istilah mode fastboot. Mode ini memungkinkan pengguna mengakses dan mengubah sistem perangkat secara langsung.

Mode fastboot mirip dengan mode bootloader di perangkat lain yang biasanya ditujukan untuk menginstal atau mem-flash firmware baru.

Mode fastboot biasanya digunakan untuk mem-flash ROM kustom atau pembaruan sistem operasi Android ke perangkat pengguna. Nah bagi Anda yang terlanjur masuk dalam mode fastboot dan bingung bagaimana cara mengeluarkannya.

Selengkapnya berikut ini ulasan mengenai pengertian fastboot di HP Xiaomi dan cara mengeluarkannya.

Baca juga: Xiaomi Resmi Umumkan Mobil Listrik SU7 dan SU7 Max, Bertenaga Snapdragon 8295 dan HyperOS

Apa itu mode fastboot?

Dilansir dari laman miuirom mode fastboot adalah cara untuk mengontrol ponsel dan sistem operasi Anda menggunakan baris perintah dan antarmuka Android Debug Bridge (ADB).

Ini berguna untuk memperbaiki telepon setelah mengalami masalah saat menginstal pembaruan, mengubah pengaturan tersembunyi, memasang ulang perangkat, mengembalikan ke pengaturan pabrik, membuka kunci OEM, mengembalikan bootloader, dan melakukan tugas lainnya.

Fastboot, yang berarti "boot cepat," merupakan bagian dari Android SDK (Software Developer Kit) dan merupakan alternatif untuk Mode Pemulihan. Mode Fastboot diperlukan ketika Anda ingin menginstal firmware khusus, mengubah wilayah MIUI (seperti menginstal versi Indonesia daripada MIUI Global), mencoba versi beta, atau kembali ke versi MIUI sebelumnya.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan mode boot cepat ini lebih ditujukan untuk mereka yang memiliki pengetahuan teknis yang lebih baik. Apabila Anda tidak yakin, lebih baik hindari menggunakannya.

Pada ponsel Xiaomi, untuk masuk pada mode fastboot dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna hanya perlu mematikan ponsel Xiaomi sepenuhnya, setelah itu tekan bagian tombol volume naik turun secara bersamaan. Selanjutnya tekan terus hingga muncul teks berwarna orange fastboot.

Cara keluar mode fastboot dari HP Xiaomi

  • Tekan tombol power selama 7-10 detaik, tekan terus hingga ponsel mati
  • Selanjutnya tunggu beberapa detik kemudian tekan kembali tombol daya untuk menghidupkan kembali perangkat.
  • Jika ponsel anda hang dalam mode fastboot dan tidak ingin masuk ke sistem operasi MIUI, cobalah untuk keluar beberapa kali lagi dengan menekan tombol daya selama 10 detik

Memulai ulang

Memulai ulang solusi sederhana namun ampuh sering kali digunakan untuk memperbaiki sebagian besar masalah yang Anda temui pada ponsel, termasuk Xiaomi. Anda dapat menerapkan solusi ini untuk melewati atau keluar dari Mode Fastboot di perangkat Xiaomi Anda dengan aman.

Ikuti pendekatan di bawah ini untuk me-restart ponsel Xiaomi Anda:

  • Tahan tombol Daya di sisi kiri perangkat Xiaomi Anda hingga Anda menemukan layar dengan beberapa pilihan
  • Selanjutnya, pilih “Restart”
  • Kemudian perangkat Xiaomi Anda akan mati dan hidup secara otomatis

Paksa reboot

Force reboot adalah cara cepat dan efektif untuk keluar dari mode fastboot di ponsel Anda. Ini membantu menyegarkan perangkat dengan mematikan dan menyalakannya kembali tanpa harus melakukan proses reboot biasa. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Tekan tombol Power hingga logo Xiaomi muncul di layar ponsel Anda.
  • Tunggu sebentar sampai ponsel menyala kembali
  • Setelah itu, masukkan kredensial keamanan Anda untuk mendapatkan kembali akses ke perangkat
  • Ini membantu mengatasi berbagai bug yang mungkin mempengaruhi operasi perangkat Xiaomi Anda.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 Rilis Global 15 Januari, Segera Masuk Indonesia?

Demikian penjelasan mengenai pengertian fastboot di HP Xiaomi dan cara mengeluarkannya. Semoga bermanfaat. Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com