Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Widget dan Fungsinya di HP Android

Kompas.com - 02/02/2024, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat menggunakan HP Android pengguna tentu tak asing lagi menemukan widget. Widget di ponsel akan nampak di bagian depan User Interface (UI) ponsel. Widget seringkali digunakan untuk memberikan akses cepat ke informasi atau tindakan tertentu tanpa harus membuka aplikasi secara penuh.

Widget seperti kotak kecil di layar ponsel atau tablet yang memiliki informasi atau tindakan spesifik dan berbeda dengan ikon pintasan untuk membuka aplikasi. Widget akan langsung menunjukkan data tanpa perlu membuka aplikasi.

Contohnya saja widget cuaca yang dapat menampilkan informasi mengenai prakiraan cuaca di daerah pengguna. Widget juga bisa interaktif atau bisa diubah ukurannya, seperti widget catatan tempel yang bisa kamu geser-geser atau ubah ukurannya sesuai keinginan.

Beberapa ponsel dan tablet Android dilengkapi dengan widget khusus yang dibuat oleh produsen ponsel atau tablet khusus untuk perangkat tersebut.

Biasanya beberapa widget juga mengizinkan ekstensi (berbayar dan gratis) yang menambahkan fungsi atau mengubah tampilannya. Aplikasi cuaca dan jam adalah jenis widget paling umum yang dapat diperluas.

Widget juga dapat ditemukan dalam lingkungan pengembangan perangkat lunak, di mana istilah ini dapat merujuk pada elemen-elemen grafis atau komponen-komponen kecil yang dapat ditambahkan ke dalam antarmuka pengguna aplikasi.

Widget pada konteks ini dapat berupa tombol, kotak teks, atau elemen antarmuka pengguna lainnya.

Baca juga: Cara Tambah Widget di Cover Screen Oppo Find N2 Flip

Fungsi widget pada HP Android

Berikut ini beberapa fungsi utama widget di HP Android meliputi:

Tampilan cepat informasi

Widget memungkinkan pengguna untuk melihat informasi penting tanpa membuka aplikasi secara penuh. Contohnya, widget cuaca menampilkan prakiraan cuaca langsung di layar utama.

Akses cepat ke aplikasi

Beberapa widget berfungsi sebagai pintasan langsung ke fitur atau tindakan tertentu dalam aplikasi. Misalnya, widget pemutar musik memungkinkan Anda mengontrol pemutaran lagu tanpa membuka aplikasi musik.

Pembaruan real time

Widget dapat memberikan pembaruan real-time, seperti widget berita yang terus memperbarui berita terkini atau widget saham yang menampilkan perubahan harga saham terbaru.

Pengorganisasian tugas

Widget dapat membantu dalam pengorganisasian tugas sehari-hari. Sebagai contoh, widget kalender dapat menampilkan agenda acara atau jadwal kegiatan Anda.

Kustomisasi layar utama

Widget memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi tata letak layar utama perangkat Android dan menyesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pengguna.

Baca juga: Widget Spotify Hadir di Oppo ColorOS 13, Pengguna Tidak Perlu Buka Kunci Layar untuk Putar Lagu

Jenis-jenis Widget di HP Android

Pada HP Android terdapat beberapa jenis widget yang memudahkan pengguna mengakses fitur-fitur dalam ponsel.

Cuaca dan jam

Widget ini menampilkan informasi waktu dan kondisi cuaca saat ini, seringkali dengan ikon cuaca, suhu, dan perkiraan cuaca untuk beberapa hari ke depan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com