Kompas.com - 01/09/2022, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Oppo resmi memperkenalkan tampilan antarmuka terbarunya, ColorOS 13. ColorOS13 tampil lebih segar dan membawa sejumlah pembaruan fitur, salah satunya Smart Always-on-Display (AOD).

Dengan AOD, pengguna ponsel Oppo dengan ColorOS 13 bisa melihat beragam informasi maupun notifikasi, meski perangkat dalam kondisi terkunci.

Oppo pun bekerja sama dengan beberapa perusahaan termasuk Spotify untuk turut memanfaatkan fitur Always-On Display di ColorOS 13 ini. Dengan kerja sama ini, fitur Always-On Display di ColorOS 13 dapat menampilkan widget Spotify.

Baca juga: Update Baru Spotify Bikin Halaman Utama Lebih Rapi

Dengan begitu, pengguna bisa melihat dan mengontrol musik yang sedang diputar tanpa harus membuka lockscreen.

Pengguna hanya perlu mengetuk layar dua kali untuk menyalakan layar serta memunculkan shortcut untuk tombol-tombol Spotify, tanpa membuka kunci ponsel.

Widget Spotify di fitur AOD ColorOS 13 OppoGSM Arena Widget Spotify di fitur AOD ColorOS 13 Oppo
Widget yang ditampilkan bakal berukuran mungil dan menunjukkan lagu yang sedang diputar beserta dengan sampul album lagu tersebut.

Widget Spotify ini akan mengikuti desain “Aquamorphic”, bahasa desain yang diadopsi ColorOS 13. Widget tersebut tampil dengan sudut yang lebih membulat.

“Kemitraan kami dengan Spotify merupakan eksplorasi baru. Melalui fitur-fitur yang cerdas, nyaman, dan berpusat pada (pengalaman) manusia yang dikembangkan bersama mitra kami, kami menghadirkan OS yang lebih efisien kepada pengguna,” ujar Gary Chen, Head of Oppo Software Product, dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (1/9/2022).

Gandeng Snapchat

Bitmoji pada Oppo ColorOS 13Oppo Bitmoji pada Oppo ColorOS 13
Selain Spotify, Oppo juga menggandeng perusahaan lain, salah satunya Snapchat untuk turut memanfaatkan fitur Always-on-Display di ColorOS13.

Melalui kerjasama dengan Snapchat, pengguna ponsel Oppo dengan ColorOS 13 akan dapat menampilkan Bitmoji dari Snapchat di AOD.

Baca juga: Spotify Pisah Tombol Play dan Shuffle di Versi Mobile, tapi Ada Syaratnya

“Bitmoji versi Anda akan disinkronkan dengan aktivitas Anda, meskipun smartphone tidak digunakan (atau dalam kondisi terkunci,” jelas Gary.

Bagi yang belum familier, Bitmoji merupakan animasi yang mempresentasikan pengguna dalam versi kartun. Animasi tersebut juga bisa dibagikan ke berbagai media sosial, termasuk Snapchat.

Adanya kebaruan ini, pengguna dapat menampilkan beragam Bitmoji termasuk Bitmoji yang menggambarkan diri pengguna sedang tidur, membaca buku, mendengar musik, atau kegiatan lainnya, di AOD perangkat Oppo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.