Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar dan Tetap Aman

Kompas.com - 05/02/2024, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pemiliki barang elektronik, cara perawatan tentu menjadi perhatian khusus tersendiri. Salah satunya membersihkan layar laptop yang kotor. Layar laptop yang kotor karena penggunaannya yang sering membuat sebagian pengguna tidak nyaman.

Namun untuk membersihkan layar laptop yang kotor tentu tidak boleh sembarangan. Layar laptop yang cukup sensitif perlu memiliki perhatian khusus. Terutama saat pengguna ingin mengusap kotoran di layar yang cukup membandel.

Maka dari itu berikut ini KompasTekno merangkum langkah-langkah membersihkan layar laptop yang kotor agar tetap aman. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Muncul Garis Horizontal

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan

  • 2 kain mikrofiber
  • Isopropil (alkohol gosok)
  • Cuka putih (opsional)
  • Semprotan pembersih layar (opsional)

Langkah-langkah membersihkan layar laptop agar tetap aman

Setelah menyiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, berikut ini beberapa langkahnya.

Matikan laptop Anda

Sebelum membersihkan layar, shutdown laptop Anda. Selain itu pastikan utnuk mencabutnya dari berbagai kabel atau konektor yang terhubung di laptop. Hal ini berguna untuk meningkatkan keamanan laptop dan pengguna.

Bersihkan dengan kain mikrofiber kering

Mulai bersihkan debu dan kotoran kering dengan kain mikrofiber kering. Hindari menggunakan kain sembarangan, tisu, atau, kain lainnya. Bersihkan dengan baik menggunakan kain mikrofiber yang tersedia.

Mulai gunakan kain fiber dengan cairan pembersih

Selanjutnya campurkan 70% isopropil dengan 30% air dan gunakan untuk melembabkan kain Anda. Selanjutnya semprotkan campuran alkohol tersebut pada kain fiber. Apabila Anda tidak memiliki isopropil, Anda bisa menggantikannya dengan cuka putih.

Keringkan layar Anda

Setelah membersihkan layar laptop dengan cairan alkohol atau cuka, Anda bisa mengeringkan kembali layar laptop dengan kain mikrofiber yang kering.

Pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh untuk menghilangkan kelembapan berlebih. Setelah Anda yakin sudah benar-benar kering, Anda dapat menghidupkan kembali laptop Anda.

Baca juga: Laptop Augmented Reality Pertama Punya Layar 100 Inci

Demikian cara membersihkan layar laptop dengan tepat dan aman. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan pada layar, hindari menekan layar saat mengusap dan bersihkan secara rutin. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com