Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Memotret dengan Xiaomi Redmi Note 13 5G di Studio Foto

Kompas.com - 10/02/2024, 13:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone terbaru Xiaomi dari lini Redmi Note 13 Series akan segera hadir di Indonesia, termasuk Redmi Note 13 "standar" yang terdiri dari dua model berdasarkan konektivitas jaringan seluler yakni 5G dan 4G.

Meskipun system-on-chip dan dukungan jaringan selulernya berbeda, Xiaomi Redmi Note 13 5G dan 4G memiliki banyak kemiripan, seperti sama-sama dibekali layar AMOLED 6,67 inci 120 Hz dan baterai 5.000 mAh dengan fast charging 33 watt.

Baca juga: Begini Beda Tampilan Xiaomi Redmi Note 13 5G dan 4G yang Segera Masuk Indonesia

Kamera utama kedua ponsel juga sama-sama beresolusi 108 MP dan dibekali dengan fitur in-sensor zoom sehingga diklaim memungkinkan efek zoom 2x tanpa penurunan kualitas gambar.

Tanpa kamera telephoto, tapi bisa zoom

KompasTekno menjajal Redmi Note 13 5G varian warna arctic white untuk memotret model di setting studio. Sedikit perbedaan desain ponsel ini dari saudaranya adalah rangkaian kamera belakang tertampung di penampang berbentuk persegi.

Redmi Note 13 5G sebenarnya tidak memiliki kamera telephoto. Dua kamera lain di samping kamera utama masing-masing adalah kamera ultra wide dan macro.

Kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 5G mampu menangkap detil dan aneka warna dalam keadaan gelap dan kontras tinggiKOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 5G mampu menangkap detil dan aneka warna dalam keadaan gelap dan kontras tinggi

Kendati demikian, aplikasi kamera Redmi Note 13 5G menampilkan opsi zoom 2x. Hal tersebut diwujukan lewat teknik in-sensor zoom yang tak lain merupakan pengambilan gambar hanya dari area tengah sensor kamera utama.

Efeknya serupa cropping, yakni bidang pandang menyempit sehingga menyerupai field of view dari kamera yang memiliki focal length 2x (zoom 2x) dari kamera utama.

Baca juga: Bocoran Desain Redmi A3 Beredar, Punya Modul Kamera Mirip Xiaomi 13 Ultra?

Karena resolusi sensor kamera utama yang tinggi, 108 MP, gambar yang diambil dari area tengahnya pun masih beresolusi tinggi, yakni 12 MP.

Berdasarkan pengalaman singkat KompasTekno memakainya, kualitas gambar dari hasil zoom 2x tersebut identik dengan tangkapan gambar dari kamera utama setelah pixel binning dari 108 MP menjadi 12 MP.

Perbandingan bidang pandang kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 5G di mode 1x (foto kiri) dan zoom 2x.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbandingan bidang pandang kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 5G di mode 1x (foto kiri) dan zoom 2x.

Perbandingan bidang pandang kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 5G di mode 1x (foto kiri) dan zoom 2x.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbandingan bidang pandang kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 5G di mode 1x (foto kiri) dan zoom 2x.

Bisa melihat lebih dekat

In-sensor zoom 2x menghasilkan gambar yang tampak lebih "dekat" dibanding kamera utama sehingga terasa kegunaannya saat ingin mendapatkan komposisi lebih ketat tanpa perlu bergerak maju.

Misalnya dalam setting studio, pengguna Redmi Note 13 5G bisa mengubah framing dari medium shot menjadi close up hanya dengan menekan tombol "2x" di aplikasi kamera untuk melakukan "zooming".

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 Series Masuk Indonesia Februari 2024

Fitur in-sensor zoom 2x (foto bawah) juga bisa digunakan untuk memperoleh komposisi yang lebih ketat, termasuk dalam hal group shotKOMPAS.com/ OIK YUSUF Fitur in-sensor zoom 2x (foto bawah) juga bisa digunakan untuk memperoleh komposisi yang lebih ketat, termasuk dalam hal group shot
Kamera utama Redmi Note 13 5G sendiri tampak bisa menghasilkan hasil jepretan yang meyakinkan di lingkungan studio, dengan lighting, prop, dan model yang mendukung.

Ketersediaan fitur auto-HDR membantu mempertahankan detil dalam situasi-situasi kontras tinggi, seperti di salah satu sudut pemotretan yang dipasangi lampu neon warna-warni bercahaya terang.

Ada satu hal yang menarik ketika membandingkan kamera Redmi Note 13 5G dan 4G. Aplikasi kamera di Redmi Note 13 4G menampilkan tingkat zoom hingga 3x, sementara Redmi Note 13 5G hanya memiliki tingkat zoom maksimal 2x.

Ponsel-ponsel dalam lini Redmi Note 13 Series akan hadir di Indonesia pada Februari 2024. Namun, Xiaomi belum mengungkap tanggal pastinya. Untuk Redmi Note 14 5G, ponsel ini akan ditawarkan dalam pilhan warna Arctic White dan Graphite Black.

Layar Xiaomi Redmi Note 13 4G (kanan) dan Redmi Note 13 5G sama-sama menggunakan panel AMOLED 6,67 inci dan memiliki bezel tipis di sekelilingnya.  Lucunya, seperti tampak dalam aplikasi kamera ini, Xiaomi Redmi Note 13 4G menyediakan fasilitas zoom hingga 3x, sementara versi 5G hanya sampai 2x. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar Xiaomi Redmi Note 13 4G (kanan) dan Redmi Note 13 5G sama-sama menggunakan panel AMOLED 6,67 inci dan memiliki bezel tipis di sekelilingnya. Lucunya, seperti tampak dalam aplikasi kamera ini, Xiaomi Redmi Note 13 4G menyediakan fasilitas zoom hingga 3x, sementara versi 5G hanya sampai 2x.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com