Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 12 Lite di Indonesia Sudah Dapat HyperOS, Begini Tampilannya

Kompas.com - 03/02/2024, 09:02 WIB
Lely Maulida,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketersediaan HyperOS, antarmuka baru Xiaomi pengganti MiUI sudah meluas ke Indonesia. Xiaomi 12 Lite kini juga sudah kebagian update HyperOS berbasis Android 14.

Ketersediaan HyperOS untuk Xiaomi 12 Lite muncul tanpa notifikasi. Ketika kami mengeceknya di Xiaomi 12 Lite milik tim KompasTekno secara manual, update HyperOS sudah tersedia pada 30 Januari 2024.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi di Indonesia yang Kebagian HyperOS Lebih Awal

Pembaruan itu hadir dalam versi 1.0.2.0 dan berukuran 5,2 GB. Secara umum, pembaruannya berfokus pada tampilan antarmuka ponsel yang dipoles menjadi lebih segar dan interaktif dibanding antarmuka sebelumnya.

Meski begitu, pembaruan ini juga membuat pengalaman navigasi ponsel menjadi lebih mulus dibanding sebelumnya. Lantas apa saja fitur baru di HyperOS? Berikut ulasannya.

Tampilan HyperOS mirip MIUI, tapi ada yang beda

Sebelum memakai HyperOS, Xiaomi 12 Lite milik tim KompasTekno menjalankanantarmuka MiUI 14.0.7 berbasis Android 13. Nah, bila dibandingkan dengan HyperOS, antarmukanya bisa dibilang mirip. 

Meski begitu, Xiaomi mengubah beberapa detail termasuk ikon aneka tombol di ponsel. Misalnya ikon tombol "share" alias berbagi file.

Baca juga: Menjajal Poco X6 Pro 5G, HP Terkencang Poco dengan HyperOS

Di MiUI 14.1.7, tombol share ditandai dengan ikon kotak disertai panah yang menghadap ke atas. Sedangkan di HyperOS, ikon tombol itu berubah menjadi kotak dengan panah yang arahnya miring 45 derajat ke kanan atas.

Tampilan ikon tombol di MiUI vs HyperOSKompas.com/Lely Maulida Tampilan ikon tombol di MiUI vs HyperOS

Kemudian, tombol edit juga berubah dari sebelumnya memiliki ikon kotak dengan sedikit garis di pojok kanan atasnya, menjadi ikon pensil dengan garis di bawah.

Sejumlah tombol lainnya juga agak berubah di HyperOS menjadi berukuran sedikit lebih besar. Meskipun, bentuknya terbilang masih sama. Sampilan antarmuka HyperOS masih mirip seperti MiUI sebelumnya.

Contohnya tampilan aneka aplikasi di layar utama yang berderet dari atas ke bawah, serta pembagian aplikasi berdasarkan kategorinya. Hanya saja, ukuran ikon aplikasi di HyperOS bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Selain itu, background ikon aplikasi juga bisa diubah dalam beberapa opsi warna, mulai dari warna default, biru, hijau, ungu atau cokelat. Namun perubahan warna ini hanya berlaku untuk beberapa aplikasi saja, contohnya aplikasi bawaan ponsel.

Tampilan menu pengatur ukuran ikon aplikasi dan panel control di HyperOS Xiaomi 12 LiteKompas.com/Lely Maulida Tampilan menu pengatur ukuran ikon aplikasi dan panel control di HyperOS Xiaomi 12 Lite

Beralih ke desain panel control HyperOS, desainnya nyaris sama persis seperti MiUI 14.0.7. Hanya saja, HyperOS seolah mengatur ulang tatanan aneka tombol menjadi lebih sedikit. Dari sebelumnya tiga lapis menjadi dua lapis saja.

Meski demikian, kami bisa menambahkan aneka tombol kontrol menjadi tiga layer seperti sebelumnya.

Baca juga: Menanti HyperOS? Ini Cara Cek Apakah HP Xiaomi Kebagian atau Tidak

Bila dibandingkan dengan penjelasan Xiaomi di situs web Xiaomi global soal HyperOS, antarmuka ini membawa desain panel control yang baru.

Salah satunya yaitu tombol kontrol musik berdampingan dengan tombol pengatur kecerahan layar, hingga volume. Sayangnya perubahan itu tidak kami temukan di HyperOS Xiaomi 12 Lite.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com