Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar HP Xiaomi di Indonesia yang Kebagian HyperOS Lebih Awal

Kompas.com - 26/01/2024, 13:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi mengumumkan sejumlah perangkatnya di Indonesia, akan mendapatkan pembaruan (update) antarmuka (user interface/UI) terbaru Xiaomi, yakni HyperOS. Pembaruan ini akan disebar mulai awal tahun ini.

Bukan hanya smartphone, HyperOS juga akan tersedia untuk pengguna tablet Xiaomi. Xiaomi Indonesia mengonfirmasi pihaknya akan menggulirkan HyperOS untuk sejumlah model smartphone dan tablet pada kuartal I-2024, termasuk sub-brand Redmi.

Salah satu model yang kebagian adalah Redmi Note 12. Selain itu, flagship Xiaomi 13T dan tablet Xiaomi Pad 6 juga dikonfirmasi akan kebagian antarmuka pengganti MiUI ini.

Baca juga: HyperOS Resmi Meluncur, Antarmuka Baru HP Xiaomi Pengganti MiUI

Selanjutnya, HP Xiaomi yang lebih lawas juga akan mendapat pembaruan HyperOS secara betahap, termasuk Xiaomi 12 series dan Redmi Pad SE. Namun perusahaan asal China ini belum membagikan jadwal rinci kapan HyperOS mendarat di masing-masing perangkat.

Berikut daftar lengkap perangkat yang dapat pembaruan antarmuka baru Xiaomi.

Daftar HP Xiaomi yang dapat update HyperOS di Indonesia

  • Redmi Note 12
  • Xiaomi 13T
  • Xiaomi Pad 6
  • Xiaomi 12 Pro
  • Xiaomi 12
  • Xiaomi 12 Lite 5G
  • Xiaomi 12T
  • Redmi Note 12 Pro
  • Redmi Pad SE

Update HyperOS untuk Redmi Note 12 bahkan sudah dirilis perusahaan ke pengguna di Tanah Air.

"Xiaomi Indonesia mengonfirmasi update Xiaomi HyperOS untuk perangkat Redmi Note 12 telah dirilis pada Januari 2024 ini," demikian pernyataan Xiaomi dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Menanti HyperOS? Ini Cara Cek Apakah HP Xiaomi Kebagian atau Tidak

Nah, untuk pengguna Redmi Note 12 yang ingin lekas melakukan update ke HyperOS, perlu memeriksa terlebih dahulu apakah pembaruan untuk perangkatnya sudah tersedia atau belum. Untuk mengeceknya, pengguna bisa mengikuti cara berikut:

  • Buka menu Pengaturan (Settings)
  • Klik Tentang Perangkat (About Phone)
  • Ketuk tampilan "MIUI version/Versi MIUI

Adapun HyperOS merupakan antarmuka terbaru Xiaomi, menggantikan MiUI yang selama kurang lebih 13 tahun terakhir menemani aneka produk Xiaomi dan jajaran sub-brand-nya (Poco dan Redmi).

Antarmuka MiUI terhitung sudah ada sejak Agustus 2010 dan masih dikembangkan setidaknya sampai generasi ke-14 atau disebut MIUI 14 yang rilis pada Desember 2022.

Ke depannya, HyperOS bakal menjadi sistem antarmuka di gadget bikinan Xiaomi, menggantikan MiUI. Ponsel pertama yang dilengkapi antarmuka HyperOS secara bawaan (pre-installed) adalah Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro.

Teknologi Inti Linux dan Xiaomi Vela

Xiaomi mengungkapkan, inti dari Xiaomi HyperOS dibentuk oleh Linux dan sistem Xiaomi Vela yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi.

Lapisan dasar Xiaomi HyperOS mendukung lebih dari 200 platform prosesor dan lebih dari 20 sistem file standar, mencakup ratusan jenis perangkat dan ribuan SKU.

Logo Xiaomi HyperOSXiaomi Logo Xiaomi HyperOS

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com