Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoshitaka Murayama, Pembuat Game RPG Lawas Seri "Suikoden" Tutup Usia

Kompas.com - 15/02/2024, 18:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembuat game petualangan alih peran (role playing game/RPG) lawas dari seri alias waralaba Suikoden, yaitu Yoshitaka Murayama meninggal di usia 54 tahun.

Hal ini diumumkan oleh Rabbit & Bear Studios, studio yang menggarap game terbaru dari dunia Suikoden dengan judul Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes.

Dalam pengumuman di blog resmi mereka yang diunggah pada Rabu (14/2/2024) waktu setempat, Rabbit & Bear Studios mengatakan Yoshitaka meninggal pada Selasa (6/2/2024) karena penyakit yang dideritanya.

Rabbit & Bear Studios mengatakan bahwa mereka sangat merasa kehilangan sosok pemimpin di perusahaan tersebut.

Mereka mengatakan bahwa Murayama telah menyelesaikan semua tugasnya di perusahaan tersebut, yaitu sebagai penulis skenario game Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes. Rencananya, game ini akan dirilis pada 23 April 2024 mendatang.

Baca juga: 5 Game RPG Mirip Genshin Impact

Yoshitaka Murayama menggarap game ini sejak 2020 lalu. Kala itu, ia menggelar program urun dana (crowdfunding) di platform Kickstarter, dan memulai pengembangan game ini selama tiga tahun lebih hingga sebelum dia wafat.

"Sebagai rekan kerja dan teman, kami sangat sedih karena ia tidak akan bisa melihat reaksi dari para penggemar Suikoden ketika melihat dan memainkan game Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes pada saat pertama dirilis nanti," ungkap Rabbit & Bear Studios.

Meski sedang dalam momen bela sungkawa, Rabbit & Bear Studios mengatakan bahwa semua tim di perusahaan ini harus tabah, dan mereka harus tetap merilis game terbaru yang sudah ditulis Yoshitaka tersebut sesuai jadwal.

"Kami ingin mempertahankan warisan dan visinya dengan game ini, dan kami tahu bahwa ia ingin dunia yang ia ciptakan di game ini dirasakan oleh para penggemarnya," pungkas Rabbit & Bear Studios.

Riwayat hidup Yoshitaka Murayama

Ilustrasi Yoshitaka Murayama, pembuat game Suikoden.Rabbit&BearStudios Ilustrasi Yoshitaka Murayama, pembuat game Suikoden.

Semasa hidupnya, Yoshitaka Murayama dikenal sebagai sosok yang berperan penting di industri game, terutama dalam pengembangan game Suikoden yang cukup dikenal gamer generasi 90-an.

Di tiga game utama Suikoden, yaitu Suikoden (1995), Suikoden II (1998), dan Suikoden III (2002), ia berperan sebagai produser, penulis skenario, dan sutradara di ketiga game tersebut.

Suikoden sendiri merupakan game seri RPG dari studio game asal Jepang kenamaan, Konami. Murayama bergabung ke Konami pada 1992 sebagai penguji kualitas game alias QA Tester, sebelum menggarap game Suikoden edisi pertama pada 1995 lalu. 

Selain tiga game Suikoden, Yoshitaka Murayama juga menjadi penulis skenario di beberapa game spin-off Suikoden, seperti Genso Suikogaiden Vol. 1, Genso Suikogaiden Vol.2, hingga Genso Suikoden Card Stories.

Pada 2002, Yoshitaka Murayama minggat dari Konami dan membuat studio game sendiri dengan nama Blue Moon Studio. Lewat studio barunya ini, merilis game peperangan modern berjudul 10.000 Bullets pada 2005 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com