Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meizu Tak Lagi Bikin Smartphone, Fokus Kembangkan AI

Kompas.com - 20/02/2024, 12:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen smartphone asal China, Meizu mengumumkan pihaknya resmi berhenti memproduksi smartphone. Hal ini diumumkan Meizu dalam sebuah pengumuman yang diunggah di akun resmi mereka di salah satu media sosial terbesar di China, Weibo.

Dalam postingan tersebut, Meizu mengatakan pihaknya kini akan fokus mengembangkan perangkat, layanan, sistem operasi (OS), hingga teknologi yang fokus untuk memberikan pengalaman kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang mumpuni bagi pengguna.

Nantinya, layanan atau software AI buatan Meizu disebut akan bisa dipakai untuk mengakses beragam model bahasa besar (large language model/LLM) yang ada saat ini, termasuk aneka LLM yang dimiliki oleh OpenAI.

“Di masa depan, Meizu akan membuat perangkat yang dapat membangun ekosistem AI dengan LLM yang populer di dunia, termasuk OpenAI, dan kami akan berkolaborasi untuk bersama-sama mengembangkan inovasi serta pengembangan AI," ujar perwakilan Meizu dalam postingan Weibo.

Baca juga: Meizu 21 Resmi, HP Snapdragon 8 Gen 3 dan Kamera 200 MP

Shen Ziyu, Chairman dan CEO Xingji Meizu Group mengatakan pasar smartphone dunia saat ini telah berubah. Menurutnya, rata-rata konsumen membutuhkan waktu lebih lama untuk upgrade, yakni sekitar 51 bulan.

Sebab, para vendor ponsel juga menawarkan performa dan spesifikasi yang semakin baik, seperti kinerja yang semakin mulus, fitur fotografi yang lebih canggih, dan sebagainya.

Shen juga mengatakan bahwa kompetisi antar vendor smartphone saat ini berkutat pada besar-besaran angka. Misalnya, memori yang lebih besar, sensor kamera yang lebih besar, pengisian daya yang lebih cepat, dan sebagainya.

Hal-hal ini pula yang menjadi pertimbangan Meizu mundur dari arena persaingan smartphone.

Meizu mengatakan pihaknya akan menyetop pengembangan dan produksi smartphone Android yang ada saat ini, mulai dari Meizu 21 Pro, Meizu 22, hingga Meizu 23 mulai pekan ini untuk fokus ke bidang AI.

Meskipun berhenti membuat ponsel, Meizu berjanji tetap akan memberikan dukungan smartphone yang masih dipasarkan saat ini.

Siapkan perangkat AI

Terkait AI, Meizu memastikan bahwa mereka akan memperkenalkan sebuah perangkat AI teranyarnya di tahun ini. Mereka tak mengumbar nama perangkat AI tersebut, namun nantinya, perangkat ini akan menjadi perangkat AI perdana buatan Meizu.

Lalu di tahun berikutnya, yaitu di 2025 mendatang, Meizu berencana untuk merilis dua model perangkat AI yang dijuluki sebagai All-weather AI Device dan AI Device iteration (perangkat AI yang bisa menjadi asisten digital pengguna).

Baca juga: Meizu 20 Series Meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 2 dan Kamera Utama 50 MP

Setelah 2025, Meizu sesumbar pihaknya juga akan membuat tiga model perangkat AI baru, boleh jadi termasuk suksesor dari dua perangkat AI yang diumumkan di 2025, serta perangkat baru yang dijuluki "AI Device Pro".

Adapun perangkat-perangkat tersebut kemungkinan akan menjalankan OS khas Meizu, yaitu FlymeOS, yang akan dirombak dan dibekali dengan fitur-fitur AI, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Sparrowsnews, Selasa (20/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com