Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Teknologi Digital yang Mengubah Dunia

Kompas.com - Diperbarui 22/02/2024, 09:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Teknologi sebagai sebagai sebuah alat saat ini tidak hanya berperan untuk membantu pekerjaan manusia. Namun, teknologi telah menjadi alat yang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia di berbagai bidang.

Selama bertahun-tahun, teknologi telah jauh berkembang dengan fungsi yang kian canggih. Teknologi dapat membantu manusia untuk terhubung dengan informasi, sosial, hiburan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Bos Teknologi yang Pernah Dipecat dari Perusahaannya Sendiri, Ada Steve Jobs dan Jack Ma

Dari perkembangan ini, telah lahir beberapa teknologi yang mampu mengubah dunia atau kehidupan kita. Lantas, apa saja teknologi-teknologi itu? Jika tertarik mengetahuinya, berikut adalah daftar teknologi yang mengubah dunia.

Teknologi yang mengubah dunia

1. Internet

Ilustrasi perkembangan internet.Freepik/macrovector Ilustrasi perkembangan internet.

Tak bisa dimungkiri lagi, internet menjadi salah satu penemuan teknologi yang paling berdampak bagi kehidupan manusia. Internet awal ditemukan pada 1960-an untuk keperluan komunikasi militer.

Namun, kini, internet telah mengubah cara kita mengakses informasi, berkomunikasi, dan berbisnis. Internet menghubungkan orang-orang secara global, mendorong e-commerce, dan memberikan akses instan ke informasi serta hiburan.

2. WiFi

Ilustrasi WiFi.
SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi WiFi.

WiFi merupakan alat yang memudahkan kita mengakses internet. Pada kisaran tahun 1995, jika ingin mengakses internet di rumah, pengguna harus menyambungkan komputer dengan kabel jaringan.

Pada tahun 1997, Wi-Fi ditemukan dan dirilis untuk pengguna secara umum. Dengan WiFi, pengguna tak perlu repot-repot memakai kabel jaringan lagi, sehingga perangkat bisa dibawa kemana-mana sembari tetap terhubung ke jaringan internet.

3. Bluetooth

Ilustrasi BluetoothAndroid Authority Ilustrasi Bluetooth

Selain WiFi, teknologi nirkabel lain yang tak kalah penting bagi kehidupan manusia saat ini adalah bluetooth. Untuk diketahui, bluetooth adalah sebuah gelombang radio yang dapat menghubungkan perangkat dalam jarak pendek.

Bluetooth pertama diperkenalkan ke publik pada sekitar tahun 1999. Bluetooth dibuat untuk menghubungkan telepon genggam ke headset, yang memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi sembari melakukan kegiatan lain.

Saat ini, bluetooth banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya, bluetooth digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop dengan perangkat nirkabel seperti keyboard wireless, mouse wireless, dan speaker wireless.

4. IoT

Ilustrasi IoTchombosan Ilustrasi IoT

Kehadiran internet telah mendorong beberapa penemuan teknologi lainnya. Salah satunya adalah IoT (Internet of Things), sebuah sistem yang dapat menghubungkan berbagai perangkat untuk bisa saling berkomunikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com