Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Umur Kartu Indosat dengan Mudah dan Praktis via Kode UMB

Kompas.com - 21/02/2024, 16:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya tertarik untuk mengetahui cara cek umur kartu Indosat. Perlu diketahui, tiap operator seluler, tak terkecuali Indosat, biasanya memiliki layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui umur kartunya.

Baca juga: 5 Cara Cek Kuota Indosat dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan Aplikasi

Umur kartu itu berbeda dengan masa aktif. Umur kartu merupakan durasi seberapa lama atau sejak kapan nomor telepon telah dipakai pengguna. Sementara itu, masa aktif merupakan batas waktu nomor telepon dapat mengakses layanan.

Cara cek umur kartu Indosat berguna ketika pengguna ingin mengetahui sejak kapan telah memakai kartu Indosat. Saat mengakses layanan untuk cek umur kartu Indosat, pengguna bakal dapat melihat informasi waktu (tanggal, bulan, tahun) nomor telepon diaktivasi.

Dengan informasi tersebut, pengguna bisa mengukur seberapa lama telah jadi pelanggan Indosat. Lantas bagaimana cara cek umur kartu Indosat? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengetahui umur kartu Indosat.

Baca juga: 6 Cara Cek Nomor Indosat Sendiri, Bisa via Kode UMB dan Aplikasi

Cara cek umur kartu Indosat

Cara mengetahui umur kartu Indosat itu cukup mudah. Untuk melakukannya, pengguna bisa menggunakan kode UMB. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengetahui umur kartu Indosat adalah sebagai berikut:

  • Buka menu panggilan di ponsel Anda
  • Ketik kode UMB *123*50# dan ketuk tombol panggilan.
  • Tunggu beberapa saat hingga menu layanan Indosat terbuka dan langsung menampilkan informasi mengenai waktu pertama kali aktivasi nomor telepon.
  • Sebelum melakukan panggilan ke kode UMB itu, pastikan ponsel terhubung dengan jaringan seluler Indosat yang baik, supaya bisa mendapat respons cepat saat menghubungi kode UMB *123*50#.

Ilustrasi cara cek umur kartu Indosat via kode UMBKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek umur kartu Indosat via kode UMB

Cukup mudah bukan untuk cek umur kartu Indosat? Melalui cara di atas, pengguna bisa dengan mudah mengetahui sejak kapan telah menggunakan atau berlangganan kartu Indosat.

Sebagai informasi tambahan, layanan cek umur kartu semacam ini, sejatinya tidak hanya tersedia untuk pelanggan kartu Indosat. Pelanggan operator lain seperti Telkomsel atau XL pun bisa melakukannya.

Namun, untuk cek umur kartu pada operator lain, caranya bisa berbeda-beda. Misalnya, untuk cek umur kartu Telkomsel, pelanggan bisa menghubungi kode UMB *999#. Sementara untuk XL, cek umur kartu bisa dilakukan dengan menghubungi Customer Service.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara cek umur kartu Indosat via kode UMB *123*50# dengan mudah dan praktis, selamat mencoba.

Baca juga: Cara Unreg Kartu Indosat lewat Kode USSD dan SMS

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com