Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan SMS di HP Jadi Lebih Menarik dengan Teknologi RCS

Kompas.com - 23/02/2024, 16:31 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika pesan SMS promosi yang sering kita terima di ponsel terasa membosankan, maka sebentar lagi akan berubah.

Kita pasti pernah menerima pesan SMS berisi promosi restoran cepat saji, atau diskon dari coffee shop dan sebagainya di ponsel. Pesan SMS itu berupa teks dan link yang bisa diklik.

Namun berkat teknologi Rich Communications Services (RCS), pesan promosi seperti itu akan lebih menarik dengan dibubuhi foto atau video resolusi tinggi, serta lebih interaktif.

Seperti yang didemokan di ajang Telkomsel Solutions Day 2024, di mana operator seluler pelat merah itu mengenalkan layanan RCS Business Messaging (RBM) untuk pelanggan korporat.

Baca juga: Telkomsel dan Google Kerja Sama Hadirkan RCS, Layanan SMS yang Lebih Interaktif

Layanan pesan yang lebih canggih dari SMS ini memungkinkan perusahaan mengirim iklan promosi dengan tampilan yang lebih menarik, seperti dengan tambahan foto maupun video.

"Telkomsel Enterprise mempersembahkan sebuah platform komunikasi canggih sebagai the Next Generation of Messaging Services," ujar Vice President - Digital Advertising, Wholesale and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya.

"Dengan teknologi RCS Business Messaging, Anda bisa memungkinkan memiliki (identitas) sender (pengirim) sebagai enterprise (perusahaan)," kata Arief.

RCS atau Rich Communications Services adalah protokol perpesanan baru yang digadang-gadang menggantikan teknologi SMS (Short Messaging System). Protokol ini salah satunya dikembangkan Google dalam layanan Messages-nya di ponsel Android.

Telkomsel sendiri telah bekerja sama dengan Google untuk menghadirkan layanan RCS ini bagi pelanggannya, sejak pertengahan 2023 lalu.

Lewat RCS, pesan yang disampaikan lebih interaktif dengan berbagi konten multimedia berkualitas tinggi. Selain itu penerima pesan juga bisa berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis, serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

Demo layanan RCS business messaging yang menampilkan iklan promo yang terlihat lebih menarik dan interaktif.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto. Demo layanan RCS business messaging yang menampilkan iklan promo yang terlihat lebih menarik dan interaktif.

Dalam sesi demo yang dilakukan Telkomsel, nampak antarmuka pesan promosi tiket pesawat yang interaktif, dengan menu-menu yang bisa dipilih untuk melakukan pemesanan, layaknya membuka halaman web.

Baca juga: Apple Mengalah, Turuti Kemauan Google Adopsi RCS

Pesan tersebut juga tampil lebih menarik karena disertai dengan video dan foto caraousel yang bisa digeser-geser.

Arief menambahkan, application programming interface (API) dari RCS Business Messaging ini ke depannya juga akan diintegrasikan dalam layanan iklan Telkomsel MyAds.

Untuk saat ini, perusahaan yang ingin mengadopsi RCS Business Messaging bisa menghubungi unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Dalam hal tarif, Arief mengatakan RCS Business Messaging ini memiliki harga yang bersaing dengan WhatsApp Business.

Selain itu, konsep one-stop-solution yang tersedia di dalam fitur komunikasi canggih RCS akan membantu pelanggan segmen korporasi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan kebebasan penuh untuk menyampaikan pesan bisnis yang lebih kaya dan interaktif kepada target audiens.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com