Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ericsson dan Indosat Berkolaborasi untuk Dorong Digitalisasi Indonesia

Kompas.com - 29/02/2024, 18:06 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Ericsson dan Indosat Ooredoo Hutchison menandatangani Nota Kesepahaman untuk melanjutkan kemitraan strategis, yang bertujuan untuk mengeksplorasi kolaborasi teknologi di masa depan, dalam upaya mendorong digitalisasi di Indonesia.

Penandatanganan tersebut dilakukan di acara Mobile World Congress (MWC) 2024 yang berlangsung di Fira Gran Via, Barcelona, Rabu (28/2/2024), sebagaimana dilaporkan jurnalis KompasTekno Bill Clinten, yang meliput langsung gelaran MWC 2024.

Melalui kerja sama ini, Indosat akan memperluas inisiatifnya pada platform Ericsson Business Support System (BSS). Hal ini dilakukan untuk mendukung pelanggan prabayar dengan penawaran inovatif baru, yang mampu merespon pergerakan pasar dengan lebih cepat.

Baca juga: Ericsson Pamer Deretan Teknologi Baru di MWC 2024 Barcelona

Kerja sama ini juga merupakan upaya untuk mendukung Indonesia menjadi digital powerhouse, dengan memanfaatkan sumber daya dari Indosat dan Ericsson.

"Semangat gotong royong merupakan kunci strategi Indosat dalam menjalankan transformasi. Melalui kerja sama dengan Ericsson, kami ingin mendorong adopsi teknologi masa depan yang dapat membuka peluang-peluang baru dan memacu pertumbuhan yang berkelanjutan di industri telekomunikasi," jelas Vikram Sinha, President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

"Selain itu, kolaborasi ini juga akan menjadi bagian dari komitmen jangka panjang kami dalam memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dan turut ambil bagian dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045," imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Krishna Patil, Head of Ericsson Indonesia.

"Kami yakin dengan meningkatkan Ericsson BSS dapat membantu Indosat untuk merealisasikan potensi bisnis dari evolusi jaringan secara penuh dan mencapai ambisi dalam memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan Indosat," kata Krishna.

(Ki-Ka) Head of Ericsson Indonesia Krishna Patil, Senior Vice President and Head of Ericsson South East Asia, Oceania & India Nunzio Mirtillo, President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, dan President and CEO of Ericsson Börje Ekholm pada penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) antara Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Ericsson di Mobile World Congress 2024, Barcelona (28/02).KOMPAS.com/Bill Clinten (Ki-Ka) Head of Ericsson Indonesia Krishna Patil, Senior Vice President and Head of Ericsson South East Asia, Oceania & India Nunzio Mirtillo, President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, dan President and CEO of Ericsson Börje Ekholm pada penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) antara Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Ericsson di Mobile World Congress 2024, Barcelona (28/02).

Kerja sama antara Ericsson dan Indosat ini merupakan lanjutan dari kemitraan strategi dalam teknologi Ericsson Digital Monetization Platform (DMP) yang telah diluncurkan pada Juni 2023.

Baca juga: Telkomsel Gandeng Ericsson Hadirkan Teknologi Jaringan Ramah Lingkungan

Ericsson DMP Business diklaim mampu meningkatkan pengalaman pelanggan Indosat dengan mempercepat waktu pemesanan hingga aktivasi hingga 70 persen dan melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat.

Pemanfaatan arsitektur yang dimodernisasi dengan katalog terpusat untuk beberapa lini bisnis telah menghasilkan peningkatan 60 persen dalam hal time to market (TTM).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com