Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Pakai Social Spy WhatsApp yang Perlu Diwaspadai, Bisa Kena Scam

Kompas.com - 01/03/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna penting untuk mengetahui bahaya Socialspy WhatsApp atau atau Social Spy WhatsApp. Socialspy WhatsApp kiranya saat ini menjadi salah satu program yang cukup ramai dicari pengguna.

Banyak pengguna yang mencari Social Spy WhatsApp untuk menyadap akun WhatsApp (WA) pengguna lain. Tujuan penyadapan itu dilakukan agar bisa melihat atau memantau isi chat di akun WA pengguna lain.

Baca juga: 10 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Penyadapan akun WA bukanlah tindakan yang benar karena melanggar privasi. Meski Social Spy WhatsApp menawarkan bisa menyadap akun WA, program ini sejatinya tidak jelas asal-usulnya. Socialspy WhatsApp bukan dikembangkan oleh pihak WhatsApp.

Lantas, apakah Social Spy WhatsApp bahaya? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai bahaya Socialspy WhatsApp yang perlu diwaspadai.

Apa itu Socialspy WhatsApp?

Socialspy WhatsApp adalah website yang menawarkan layanan penyadapan akun WA. Saat membuka website Social Spy WhatsApp, pengguna hanya akan ditampilkan dengan logo aplikasi WhatsApp dan serangkain instruksi untuk menyadap akun.

Di website Social Spy WhatsApp, pengguna ditawarkan langkah yang sangat mudah untuk bisa menyadap akun WA. Menurut instruksi di website itu, pengguna hanya perlu memasukkan nomor telepon dari akun WA yang hendak disadap.

Socialspy WhatsAppSocialspy WhatsApp Socialspy WhatsApp

Kemudian, pengguna diminta melakukan verifikasi. Setelah itu, pengguna bakal langsung bisa melihat chat dari akun WA yang disadap. Akses dan langkah yang mudah inilah yang mungkin membuat Social Spy WhatsApp ramai dicari pengguna.

Namun, sebagaimana sempat disinggung di atas, Social Spy WhatsApp bukanlah program resmi yang dikembangkan oleh WhatsApp. Jadi, keamanan Social Spy WhatsApp sangat diragukan. Adapun bahaya Socialspy WhatsApp adalah sebagai berikut.

Bahaya Socialspy WhatsApp

Socialspy WhatsApp pada dasarnya merupakan website atau program yang mengandung scam. Kemampuannya untuk menyadap akun WA hanyalah iming-iming untuk mengelabui pengguna. Proses verifikasi di website itu rupanya hanya kedok belaka.

Menurut pengamat keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, SocialSpy WhatsApp sebenarnya hanya aplikasi scam atau penipuan.

Baca juga: 3 Cara Menghentikan WhatsApp Disadap Jarak Jauh, Penting buat Mengamankan Akun

Sebagai informasi, aplikasi scam merupakan aplikasi yang menyamar atau mendaku sebagai aplikasi lain, di mana dalam kenyataannya, fungsi utama aplikasi tidak sesuai dengan deskripsinya.

Aplikasi ini akan menipu calon korban, dengan cara mengarahkan korban situs iklan berkedok verifikasi.

"Ini adalah scam. Jadi, korban dikelabuhi dengan layar animasi seakan-akan proses memata-matai nomor yang diincarnya berjalan," kata Alfons melalui pesan singkat kepada KompasTekno, pada Selasa (17/5/2022).

"Ketika aplikasi (SpocialSpy WhatsApp) dibuka, pengguna malah diarahkan ke situs iklan berkedok verifikasi," imbuhnya.

Benar saja, saat dicoba KompasTekno, laman SocialSpy WhatsApp justru menampilkan verifikasi pengguna dengan mengisi beberapa survey. Jika salah satu pilihan survey diklik, nantinya pengguna justru akan diarahkan pada situs iklan tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com