Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Camon 30 Premier Meluncur, HP Android dengan Kamera PolarAce

Kompas.com - Diperbarui 04/03/2024, 06:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Tecno, pabrikan ponsel yang berada di bawah naungan Transsion Holdings, mengumumkan Tecno Camon 30 Premier 5G di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024, Barcelona, Rabu (27/2/2024) .

HP Android ini memiliki teknologi kamera khusus berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yakni PolarAce Imaging System.

Sistem pemrosesan sinyal gambar (image signal processing/ISP) ini dirancang di dalam chip Sony CXD5622GG. Tecno mengeklaim, sistem ini memiliki tingkat komputasi tinggi, namun konsumsi dayanya lebih efisien.

Berkat PolarAce System, kamera diklaim mampu meminimalisasi noise saat pengambilan video HDR atau video dengan kontras besar antara warna terang dan gelap, serta merekam video 4K Ultra Night Vision secara lebih baik.

ISP ini disebut menggunakan daya yang jauh lebih sedikit ketika memproses video 4K di 30 fps, dibandingkan ISP lain.

Baca juga: Tecno Umumkan Trio Camon 30 Series, HP Android Kamera Selfie 50 MP

Teknologi AI di sistem pencitraan gambar ini juga meningkatkan akurasi Universal Tone. Jadi, warna kulit di hasil foto bisa lebih akurat.

Ilustrasi teknologi PolarAce Imaging System.GSM Arena Ilustrasi teknologi PolarAce Imaging System.

Kemudian, ada mode AIGC Portrait yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk memodifikasi hasil gambar. Pengguna bisa menambahkan beberapa elemen di gambar, seperti pakaian formal, busana wisuda, atau gaun pengantin.

Lalu, ada pula fitur AI One Click Eraser, di mana pengguna bisa menghapus objek yang tidak diinginkan pada hasil bidikan, hanya dengan satu klik saja.

Spesifikasi Tecno Camon 30 Premier 5G

Sistem ISP khusus tadi akan mendukung sektor fotografi Tecno Premier 5G. Berbicara soal fotografi, Tecno Camon 30 Premier dibekali sensor Sony.

Ada tiga sensor di sisi belakang. Kamera utama memiliki resolusi 50 MP dengan sensor Sony IMX890 serta penstabil gambar (OIS). Kemudian, ada kamera periskop 70 mm beresolusi 50 MP yang mampu melakukan pembesaran optis secara hybrid hingga 60x.

Kamera tersebut juga digunakan untuk mengambil foto portrait dan makro. Terakhir, ada kamera ultrawide dengan resolusi 50 MP.

Ketiga sensor tersebut disematkan di dalam sebuah modul berbentuk lingkaran. Selain trio kamera, terdapat sebuah LED Flash di dalam penampang yang sama.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Tecno Spark 20 Pro Plus di Indonesia, Mulai Rp 2,7 Juta

Beralih ke sisi depan. Tecno Camon 30 Premier dibekali layar berpanel OLED berbentang 6,77 inci dengan resolusi 1.264x2.780 piksel, dan tingkat kecerahan hingga 1.400 nits.

Ada pula punch hole (lubang kamera) untuk menyematkan kamera depan beresolusi 50 MP.
Untuk desainnya, ponsel ini memiliki bingkai tengah berbahan logam untu menimbulkan kesan lebih kokoh dan premium.

Di sisi punggung, terdapat "Action Dot", sebuah lampu kecil yang akan menyala ketika perangkat digunakan untuk merekam video, mengisi daya ponsel, dan mengaktifkan asisten suara.

Ponsel ini ditenagai chip MediaTek Dimensity 8200 Ultra, yang dipadu dengan RAM 12 GB dan sotrage 512 GB. Kapasitas RAM bisa "diperluas" secara virtual hingga 12 GB, sehingga total kapasitasnya bisa mencapai 24 GB.

Tecno Camon 30 Premier menjalankan sistem operasi Android 14 yang akan dilapisi antarmuka HIOS. Ponsel ini dibekali baterai 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging) 70 watt.

Fitur lain yang dimiliki ponsel ini adalah Wi-Fi, Bluetooth, IR Blaster, FM Radio, dan stereo speaker Dolby Atmos, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Minggu (3/3/2024).

Untuk saat ini, Tecno belum mengumumkan kapan ponsel ini akan dirilis secara resmi. Perusahaan asal China tersebut hanya memberikan kisi-kisi, Tecno Camon 30 Premier akan meluncur sekitar kuartal II-2024 (antara April-Juni). Karena belum dirilis, Tecno juga belum mengungkap harga smartphone ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com