Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Pova 6 Pro Resmi, Smartphone Gaming dengan Baterai 6.000 mAh

Kompas.com - 28/02/2024, 08:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Tecno Mobiles resmi meluncurkan ponsel gaming terbarunya, yakni Tecno Pova 6 Pro 5G, Senin (26/2/2024). Ponsel ini merupakan suksesor dari Tecno Pova 5 Pro 5G yang dirilis tahun lalu.

Sebagai penerus, Tecno Pova 6 Pro membawa sejumlah peningkatan termasuk dari segi desain yang lebih segar, resolusi kamera lebih tinggi, dan baterai 6.000 mAh, lebih besar dibanding pendahulunya.

Dari segi desain, Tecno Pova 6 Pro masih membawa desain futuris semi transparan yang disebut Tecno sebagai Dynamic-Tech Design. Desain ini menampilkan garis asimetri di punggung ponsel. Di garis atas, sebelah kanan kamera, terdapat strip LED dinamis.

Strip lampu LED pada Tecno Pova 6 Pro 5G bakal menyala atau berkedip ketika ponsel dinyalakan, ada panggilan masuk, penanda baterai lemah, dan efek animasi ketika aksi dalam game, dan lainnya.

Baca juga: HP Tecno Spark 20 dan Spark 20C Rilis di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Tecno juga menanamkan Dynamic-Eye, yakni efek lampu berkedip pada lensa kamera paling kanan. Total ada 210 LED dan 9 mode pencahayaan dengan 101 efek yang bisa dipersonalisasi oleh pengguna.

Detail desain punggung Tecno Pova 6 Pro.Tecno Detail desain punggung Tecno Pova 6 Pro.
Spesifikasi Tecno Pova 6 Pro

Untuk spesifikasi, Tecno Pova 6 Pro mengunggulkan baterai jumbo 6.000 mAh. Kapasitas baterai ini lebih besar 1.000 mAh dibandingkan Tecno Pova 5 Pro tahun lalu.

Baterai 6.000 mAh Tecno Pova 6 Pro 5G mendukung pengisian cepat (fast charging) 70 watt. Ini memungkinkan baterai terisi 50 persen dalam 19 menit atau terisi penuh dalam 48 menit.

Tecno mengatakan ponsel dapat diisi dayanya bahkan pada suhu -20°C dan juga dapat dioperasikan bahkan pada suhu hingga 60°C.

Keunggulan lainnya ada di aspek kamera. Kini, Tecno Pova 6 Pro dibekali kamera utama 108 MP. Resolusi kamera ini juga naik kelas dari kamera Tecno Pova 5 Pro yang beresolusi 50 MP.

Kamera utama 108 MP ini memiliki in-sensor zoom untuk pengambilan gambar hingga zoom 10x. Tecno Pova 6 Pro dibekali kamera kedua berupa kamera depth sensor 2 MP.

Untuk vlog dan selfie, Tecno Pova 6 Pro membawa kamera depan 32 MP, lebih tinggi dari Tecno Pova 5 Pro yang hanya 16 MP.

Baca juga: Tecno Spark 20 Pro Plus Meluncur dengan Chip Helio G99 Ultimate

Selebihnya, spesifikasi Tecno Pova 6 Pro masih seperti Pova 5 Pro. Misalnya di aspek performa, Tecno Pova 6 Pro masih ditenagai chipset Dimensity 6080 (6nm), dipadukan dengan RAM 8/12 GB dan penyimpanan media 128/256 GB.

Untuk layar, ponsel ini mengusung panel AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.436 × 1.080 piksel, serta refresh rate 120Hz.

Sebagai HP gaming, Tecno Pova 6 Pro juga sudah dibekali ruangan pendingin sebesar 27.342 mm.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 14 dilapisi sistem antarmuka HiOS 14. Fitur lain yang dibawa ponsel ini meliputi dukungan 5G, NFC, WiFi 802.11 ac, Bluetooth 5.1, GPS, USB Type-C, stereo speaker dengan teknologi Dolby Atmos, dan audio jack 3.5mm.

Tecno Pova 6 Pro 5G hadir dalam pilihan warna Comet Green (hijau) dan Meteorite Grey (Abu-abu), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (28/2/2024).

Tecno belum mengungkap banderol harga Tecno Pova 6 Pro. Namun, ponsel ini dilaporkan bakal tersedia lebih dulu di Filipina pada awal Maret.

Selanjutnya ponsel juga akan menyambangi wilayah Asia Tenggara lainnya, kemudian India, Asia Selatan, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Belum diketahui, apakah ponsel ini juga akan menyambangi pasar Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com