Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggenggam Vivo V30 Pro, HP "Pertama" dengan Teknologi Zeiss

Kompas.com - 10/03/2024, 18:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone Vivo memboyong ponsel Vivo V30 dan V30 Pro pada akhir Februari lalu. Kedua smartphone ini mengandalkan aspek kamera sebagai fitur unggulannya.

Vivo V30 Pro bahkan menjadi smartphone pertama dalam riwayat Vivo V-series yang berkolaborasi dengan Zeiss. Sebelumnya, kolaborasi Vivo x Zeiss hanya tersedia untuk ponsel flagship macam Vivo X-series.

Dengan begitu, kamera Vivo V30 Pro mendukung teknologi Zeiss seperti Vivo X100 dan model X-series lainnya. Hanya saja, kolaborasi Zeiss pada smartphone ini, umumnya Vivo V-series hanya terletak pada aspek software saja.

Menurut PR Manager Vivo Indonesia, Alexa Tiara, konsep itu berbeda dengan kolaborasi Zeiss di flagship perusahaan yang mencakup hardware dan software.

Baca juga: HP Vivo Y200e Meluncur dengan Snapdragon 4 Gen 2, Harga Rp 3 Jutaan

"Di X-series, Zeiss-nya itu co-engineering hardware dan software. Kalau Vivo V30 Pro software saja dengan Zeiss Teleportrait," kata Alexa di sela Vivo Tech Trip di Shenzhen, China, Selasa (20/2/2024).

Tim KompasTekno kini berkesempatan menjajal Vivo V30 Pro varian warna Hijau Khatulistiwa dengan konfigurasi RAM dan ROM 12/512 GB. Berikut pengalaman kami menggenggam ponsel ini.

Unboxing Vivo V30 Pro

Vivo V30 Pro dibalut dalam box berkelir hitam dengan lingkaran yang menampung teks "V30 Pro Co-engineered with Zeiss". Berbeda dari pendahulunya Vivo V29 series yang dibalut box bernuansa abu-abu.

Boxnya terhitung tebal karena mewadahi unit ponsel beserta aneka asesoris lainnya. Isi kelengkapan Vivo V30 Pro mencakup unit smartphone, kartu garansi, panduan singkat, adaptor pengisi daya, kabel USB-C, jelly case, serta SIM ejector.

Jelly case Vivo V30 ProKompas.com/Lely Maulida Jelly case Vivo V30 Pro

Adaptor chargernya cukup besar dan berbobot, karena output yang ditawarkan juga cukup besar, sebesar 80 watt. Adapun case pelindung bawaannya didesain transparan dengan sejumlah ruang yang dibuat bolong untuk menampung modul kamera ponsel dan sejumlah port ponsel.

Adaptor charger dan kabel USB-C Vivo V30 ProKompas.com/Lely Maulida Adaptor charger dan kabel USB-C Vivo V30 Pro

Secara umum, paket penjualannya terbilang masih lengkap dibanding beberapa ponsel dari merek lain yang tidak dilengkapi adapter charger atau jelly case.

Ramping meski pakai softcase

Vivo V30 Pro langsung memikat mata karena warna penampangnya yang cukup nyentrik tetapi tetap elegan. Unit yang dipakai KompasTekno dibalut dalam warna hijau toska atau disebut Vivo, Hijau Khatulistiwa.

Lapisan penampangnya dirancang dengan finishing dove, sehingga tidak begitu licin digenggam. Bodinya ponsel ini ramping dengan ketebalan hanya 7,45 mm. Meski punggung ponsel dilindungi jelly case, bodinya masih tetap terasa ramping.

Vivo V30 ProKompas.com/Lely Maulida Vivo V30 Pro

Pada punggung ponsel juga terdapat modul kamera persegi panjang yang menampung tiga kamera belakang serta lampu LED flash atau disebut Vivo, Aura Light, yang warnanya bisa diatur dalam berbagai warna.

Modul kamera Vivo V30 Pro cukup tebal melebihi punggung ponsel. Karena itu, ada baiknya pengguna memasang jelly case yang tersedia dalam paket pembelian untuk melindungi bodi ponsel dari goresan dan lain-lain. Penggunaan aksesori ini juga membuat ponsel lebih nyaman digenggam.

Vivo V30 ProKompas.com/Lely Maulida Vivo V30 Pro

Layar AMOLED tepi melengkung

Beralih ke desain layar, layar Vivo V30 Pro memiliki ukuran 6,78 inci dengan panel AMOLED, resolusi 2800 x 1260, refresh rate 120 Hz serta kecerahan puncak 2.800 nit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com