Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna YouTube Music Kini Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung

Kompas.com - 19/03/2024, 13:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar baik untuk seluruh pengguna YouTube Music. Sebab, platform musik alir (streaming music) milik Google ini telah menggelontorkan fitur baru untuk memudahkan penggunanya mencari lagu/musik yang lebih spesifik.

Fitur baru bernama "Song Search" tersebut memudahkan pengguna mencari lagu dengan cara bersenandung ketika tidak tahu liriknya, atau menyanyikannya langsung ketika tidak tahu judul lagu dan nama penyanyinya.

Song Search bisa diakses dengan cara mengetuk kolom pencarian di YouTube Music. Nantinya, setelah diketuk, akan muncul ikon dengan empat baris vertikal, seperti lambang gelombang suara. Ikon ini berada tepat di sebelah kanan ikon mikrofon, atau paling kanan setelah kolom pencarian.

Baca juga: Cara Buat Playlist Ramadhan di Spotify dan YouTube Music

Cukup ketuk ikon tersebut, lalu pengguna bisa langsung bersenandung atau menyanyikan langsung lagu yang ingin dicari.

(atas) Tampilan pencarian YouTube Music sebelumnya dan (bawah) tampilan pencarian YouTube Music versi baru yang sudah ada ikon Song di samping Voice Search. Kehadiran fitur ini dilaporkan oleh salah satu pengguna RedditReddit dan Kompas.com (atas) Tampilan pencarian YouTube Music sebelumnya dan (bawah) tampilan pencarian YouTube Music versi baru yang sudah ada ikon Song di samping Voice Search. Kehadiran fitur ini dilaporkan oleh salah satu pengguna Reddit

Sejatinya, fitur Song Search tidak sepenuhnya baru. Fitur ini sebelumnya sudah hadir di YouTube dengan nama "Voice Search" dan di mesin pencarian Google Search dengan nama "Hum to Search".

Kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) menjadi penopang utama fitur ini, untuk mencari nada yang cocok dengan musik aslinya di database Google. Cara kerja fitur ini pun punya kesamaan dengan aplikasi pencari lagu bernama Shazam, yang sudah dibeli oleh Apple sejak 2018.

Walau sama-sama mengandalkan pencarian berbasis suara, Voice Search dan fitur baru YouTube Music ini punya fungsi dan cara kerja yang berbeda.

Fitur Voice Search memungkinkan pengguna mencari judul lagu/musik/podcast atau lainnya, lewat kata yang diucapkan. Misal, menyebutkan judul lagu "End of Beginning - Djo".

Baca juga: Gambar Playlist YouTube Music Kini Bisa Diganti, Bisa Pakai AI

Sementara itu, fitur baru YouTube memungkinkan pengguna merekam suara lagu/musik yang ingin dicari. Jadi, ketika tidak tahu judul lagu yang dinyanyikan, bisa merekam suara lantunan musik secara singkat atau bersenandung lagu aslinya.

Fitur ini sudah hadir di aplikasi YouTube Music versi Android. Kendati begitu, pantauan KompasTekno, Selasa (19/4/2023), fitur ini masih belum tersedia di Indonesia. Melansir Android Authority, sejumlah pengguna iOS juga sudah mendapatkan fitur ini. Ada kemungkinan, penyebaran fitur ini belum merata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com