Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Rilis Snapdragon 8s Gen 3, Chipset AI Generatif On-Device untuk HP Flagship "Murah"

Kompas.com - 19/03/2024, 09:16 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan semikonduktor Qualcomm Technologies, Inc. merilis System-on-Chip (SoC) terbarunya, yakni Snapdragon 8s Gen 3, pada Senin (18/3/2024).

Chipset ini sejatinya diposisikan sebagai "adik" dari Snapdragon 8 Gen 3 sehingga sejumlah spesifikasinya diturunkan, tetapi harganya menjadi lebih terjangkau.

Snapdragon 8s Gen 3 membawa hampir semua fitur dari Snapdragon 8 Gen 3, termasuk dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif dalam perangkat (on-device).

AI generatif merupakan algoritma deep-learning yang bisa membuat konten seperti teks, gambar, musik, audio, dan video. Disebut on-device karena pemrosesan AI dilakukan dalam perangkat tanpa bergantung pada server atau cloud.

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 sendiri memiliki kemampuannya untuk membuat gambar baru dan memperlebar latar belakang foto yang dimiliki. Tak hanya itu, chipset ini juga mendukung asisten virtual AI untuk membantu berbagai aktivitas pengguna.

Chipset terbaru Snapdragon ini mendukung model bahasa besar (large language model/LLM) populer seperti Llama 2, Baichuan-7B, dan Gemini Nano, dengan dukungan hingga 10 miliar parameter.

Secara teknis, prosesor berfabrikasi 4 nm ini memiliki satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti untuk menunjang performa dengan kecepatan clock 2,8 GHz, dan tiga inti hemat daya berkecepatan 2,0 GHz.

Baca juga: MediaTek Kuasai Pasar Chipset Dunia pada Akhir 2023

Sebagai perbandingan, Snapdragon 8 Gen 3 memiliki satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,4 GHz, tiga inti performa Cortex-720 berkecepatan 3,15 GHz, dua inti performa Cortex-720 berkecepatan 2,96 GHz, dan dua inti hemat daya Cortex-A520 berkecepatan 2,3 GHz.

Jadi, Snapdragon 8s Gen 3 memiliki inti performa yang lebih sedikit (empat), tetapi inti hemat dayanya lebih banyak (tiga).

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 mendukung RAM LPDDR5x 4200 hingga 24 GB (dibanding RAM LPDDR5x 4800 hingga 24 GB di Snapdragon 8 Gen 3), media penyimpanan (storage) UFS 4.0, dan USB 3.1 Gen 2.

Dukung perekaman video 1080p pada 240 fps

ilustrasi Snapdragon 8s Gen 3Qualcomm ilustrasi Snapdragon 8s Gen 3
Chipset ini dibekali teknologi triple Image Signal Processor (ISP) 18-bit untuk pemrosesan foto dan video.

Fiturnya mencakup kamera always-on yang mempercepat pemindaian face unlock dan kode QR, peningkatan foto, segmentasi semantik, Snapdragon Low Light Vision (LLV), serta kemampuan Super High Dynamic Range (SHDR) hingga 2x.

ISP juga mendukung perekaman video beresolusi 4K HDR pada 60 fps dan perekaman video 1080p pada 240 fps. Akan tetapi, tidak ada dukungan untuk perekaman video beresolusi 8K dan resolusi 4K pada 120 fps.

Selanjutnya, ada dukungan untuk tiga kamera dengan resolusi maksimal 36 MP pada 30 fps tanpa shutter lag, atau satu kamera 108 MP pada 30 fps tanpa shutter lag. Resolusi maksimum tangkapan gambarnya adalah 200 MP.

"Dengan kemampuan AI generatif on-device dan fitur fotografi yang canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kehidupan sehari-hari," ungkap Chris Patrick selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile Handset, Qualcomm Technologies, Inc. dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (19/3/2024).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com