Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy AI Hadir di Samsung S23 dan Z Fold 5 Bulan Ini

Kompas.com - 27/03/2024, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung bersiap menyebar fitur Galaxy AI ke lebih banyak ponsel dan tablet Galaxy kelas atas (flagship).

Galaxy AI hadir lewat pembaruan sistem antarmuka OneUI 6.1. Sebelumnya, Galaxy AI hanya ada di Samsung Galaxy S24 series.

Menurut laporan SamMobile, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (27/3/2024), Samsung bakal merilis update OneUI 6.1 dengan Galaxy AI itu ke lini Samsung S23 series, Samsung Z Fold 5, Samsung Z Flip 5, dan Galaxy Tab S9 series pada akhir Maret ini, di prediksi tanggal 28 Maret.

Hal ini diperkuat oleh dari sebuah notifikasi (push notification) yang muncul di ponsel Samsung Galaxy S23 series di China.

Dalam tangakapan layar yang tersebar di internet, seperti gambar di bawah, notifikasi dari Samsung China mengungkapkan bahwa "Galaxy AI hadir pada 28 Maret dan lebih banyak model akan kebagian".

Baca juga: Edit Foto di Galaxy AI Samsung S24 Series Diproses Online, Amankah?

Tangkapan layar push notifikasi di HP Samsung S23 soal kehadiran Galaxy AI.@tarunvats33 via SamMobile Tangkapan layar push notifikasi di HP Samsung S23 soal kehadiran Galaxy AI.
Media teknologi SamMobile ternyata mendapatkan akses lebih awal ke OneUI 6.1 dan fitur Galaxy AI di Samsung S23 Ultra dan Galaxy Z Fold 5 miliknya. Hal ini diketahui lewat video berjudul "One UI 6.1 is OFFICIAL on Galaxy S23 Ultra!"

Setelah menjalankan OneUI 6.1, Samsung S23 series, Samsung Z Fold 5, Samsung Z Flip 5, dan Galaxy Tab S9 series bakal bisa menikmati beragam fitur Galaxy AI mulai dari fitur Live Translate, Interpreter, Chat Assist, dan masih banyak lainnya.

Galaxy AI debut perdana di lini Samsung S24 series ketika diluncurkan global pada 14 Januari lalu.

Perlu dicatat, meski jika OneUI 6.1 digelontorkan besok, Kamis (28/3/2024), pengguna Samsung S23 series, Samsung Z Fold 5, Samsung Z Flip 5, dan Galaxy Tab S9 series di Indonesia di Indonesia mungkin tidak akan langsung kebgaian OneUI 6.1 dan menjajal Galaxy AI. Sebab, biasanya pembaruan digulirkan secara berkala.

Pengguna bisa mengecek ketersediaan update OneUI 6.1 di smartphone Galaxy miliknya dengan pergi ke "Settings" > "Software update" > "Download and install".

8 Fitur Galaxy AI

Jika sudah menjalankan OneUI 6.1, berikut 8 fitur Galaxy AI yang bisa dijajal pengguna.

Live Translate

Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Ultra mampu menerjemahkan suara pembuat panggilan maupun penerima dalam sambungan teleponKOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTO Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Ultra mampu menerjemahkan suara pembuat panggilan maupun penerima dalam sambungan telepon
Live Translate berfungsi sebagai penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional.

Fitur ini berguna ketika pengguna sedang teleponan dengan teman orang asing.

Skenario lain, fitur Live Translate ini bisa digunakan untuk memesan makanan hingga membuat reservasi restoran di luar negeri.

Sebagai on-device Galaxy AI, fitur ini terimplementasi secara langsung dalam telepon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com