Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Baru Taylor Swift Pecahkan Rekor Spotify, Didengar 300 Juta Kali Sehari

Kompas.com - 22/04/2024, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Billboard

KOMPAS.com - Album baru Taylor Swift yang bertajuk "The Tortured Poets Department" (TTPD) mencetak rekor sejarah baru di aplikasi streaming music (musik alir) Spotify.

Album ganda (double album) dengan total 31 judul lagu ini, dilaporkan telah didengar lebih dari 300 jutastreaming di Spotify saat dirilis Jumat (19/4/2024). Ini menjadikan The Tortured Poets Department sebagai album pertama dalam sejarah layanan streaming Spotify yang memiliki lebih dari 300 juta streaming dalam satu hari saja.

Rekor 300 juta streaming tercepat sebelumnya dipegang oleh Beyonce. Dengan album "Cowboy Carter", Beyonce mengumpulkan sekitar 300,41 juta straming di minggu pertama setelah perilisan. Sementara, Taylor Swift berhasil meraih 300 juta streaming dalam satu hari saja dengan album The Tortured Poets Department.

Baca juga: Lagu-lagu Taylor Swift Kembali ke TikTok Setelah Hilang 2 Bulan

Spotify juga menobatkan Taylor Swift sebagai artis yang paling banyak diputar dalam satu hari dalam sejarah platform tersebut.

Tak hanya itu, single pertama album yang berjudul “Fortnight” juga dinobatkan sebagai lagu yang paling banyak diputar di Spotify dalam satu hari. Meski tidak diungkap berapa jumlah streaming lagu "Fortnight" di hari pertama perilisan.

"Fortnight" menampilkan duet Taylor Swift dengan Post Malone. Lagu ini ditulis bersama oleh Taylor Swift, Malone dan Jack Antonoff, dan diproduksi bersama oleh Taylor Swift dan Antonoff.

The Tortured Poets Department adalah album studio kesebelas Taylor Swift, di luar album rekaman ulang yang dibubuhi "Taylor's Version".

Baca juga: Instagram Punya Fitur Rahasia Sambut Album Baru Taylor Swift The Tortured Poets Department

Album ini berisi lagu barunya usai merilis album Midnight pada Oktober 2022. Menurut Taytay, panggilan akrab Taylor Swift, album TTPD ini sudah disimpan selama dua tahun terakhir.

Album The Tortured Poets Department sendiri memiliki 16 lagu dalam versi standar, dan masing-masing sebuah lagu bonus dalam empat versi lain yang tersedia. Secara total, diva pop dunia itu menyediakan 20 lagu untuk era TTPD yang terbagi dalam 5 side (4 side standar + 1 lagu bonus) dan 5 versi (1 standar + 4 versi lain).

Dua jam setelah versi standar dirilis, Taylor Swift kemudian mengejutkan Swifties (fandom penggemarnya) dengan merilis bagian kedua dari album terbarunya dengan tambahan 15 judul lagu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Billboard, Senin (22/4/2024).

Jadi, sebenarnya The Tortured Poets Department merupakan album ganda. Adapun bagian kedua ini diberi tajuk "The Tortured Poets Department: The Anthology" berisi total 31 judul lagu dengan lebih dari dua jam waktu pemutaran.

Judul lagu favorit penggemar di antaranya "Fortnight", "The Tortured Poets Department", "Down Bad", "My Boy Pnly Breaks His Favorite Toys", "But Daddy I Love Him", "I Can Do It with Broken Heart", "Who's Afraid of Little Old Me", "Guilty as Sin?", dan masih banyak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com