Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam Konser Taylor Swift Pakai Samsung Galaxy S24 Ultra, Zoom Mulus Hasil Bagus

Kompas.com - 14/03/2024, 09:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Selama tiga bulan terakhir, Samsung Galaxy S24 Ultra sudah menemani KompasTekno ke tiga konser internasional berbeda berskala stadium.

Pertama, Samsung S24 Ultra menemani kami menonton konser Coldplay "Music of the Spheres" di National Stadium Singapura pada 23 Januari 2024. Kedua, kami juga membawa Samsung S24 Ultra ke konser Ed Sheeran "Mathematics Tour" di Jakarta Internasional Stadium pada 2 Maret 2024.

Yang paling baru, Samsung S24 Ultra juga ikut KompasTekno ke konser Taylor Swift "The Eras Tour" di National Stadium Singapura pada 7 Meret 2024.

Dari tiga konser berskala stadium yang kami hadiri, kami bisa menyimpulkan bahwa Samsung Galaxy S24 Ultra membawa peningkatan signifikan, terutama dalam hal kamera dan kemampuan zoom-nya.

Hal ini kami rasakan ketika menonton dari tribun yang jaraknya sangat jauh dari panggung.

Kamera S24 Ultra juga bisa menjepret tampilan layar LED super gede di konser Taylor Swift. Hasil fotonya sangat bagus, jernih, dan tajam, dan yang paling penting tidak ada efek flare.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kamera S24 Ultra juga bisa menjepret tampilan layar LED super gede di konser Taylor Swift. Hasil fotonya sangat bagus, jernih, dan tajam, dan yang paling penting tidak ada efek flare.
Di konser Taylor Swift pekan lalu, kami menonton dari CAT 5, bagian 613 pada baris M dengan nomor duduk 30. Sebagai gambaran, CAT 5 bagian 613 ini berada di tribun tingkat tiga National Stadium, atau tribun paling atas.

Baca juga: Trik Bikin Video dan Audio Fancam Ciamik dengan Samsung Galaxy S24 Ultra

Ini merupakan posisi duduk terjauh yang pernah kami rasakan selama menonton konser di stadion. Sebagai perbandingan, Januari lalu kami juga menonton Coldplay di tempat yang sama, yakni National Stadium Singapore. Namun, tempat duduk kami tak sejauh ketika menonton Taylor Swift.

Saat konser Coldplay, kami duduk di CAT 5, bagian 440 pada baris E dengan nomor tempat duduk 30. Posisi ini berada di tribun tingkat dua. Hasil jepretan konser Coldplay menggunakan Samsung S24 Ultra bisa disimak di galeri foto berikut.

Zoom mulus, hasil bagus

Ilustras Samsung S24 Ultra digunakan untuk merekam fancam Taylor Swift pada 7 Maret 2024.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustras Samsung S24 Ultra digunakan untuk merekam fancam Taylor Swift pada 7 Maret 2024.
Karena posisi duduk di tribun dan sangat jauh dari panggung, kami sangat mengandalkan kemampuan zoom Samsung S24 Ultra. Sepengalaman kami, pergeseran zoom Samsung S24 Ultra kini terasa lebih mulus, terutama ketika kami berpindah dari zoom 3x, ke 5x, dan ke 10x.

Berkat zoom yang mulus, kami bisa merekam suasana stadion secara keseluruhan, kemudian langsung zoom Taylor Swift ketika sedang bernyanyi dan menari di atas panggung.

Selama 3,5 jam konser, KompasTekno merekam fancam (rekaman dari penggemar) lewat mode kamera biasa maupun fitur "Pro Video". Dengan mode 4K, mengunci fokus, dan menurunkan exposure, kami bisa mendapatkan hasil fancam Taylor Swift yang epik, bagus, dan HD walau menonton dari tribun tingkat tiga di National Stadium.

Kemampuan zoom Samsung S24 Ultra yang mulus bisa dilihat melalui video TikTok di bawah ini.

@kompastekno Replying to @sakeaburidear iPhone users, calm down dulu yahh ???? #samsung #s24ultra #zoom #taylorswift #erastour #youneedtocalmdown ? original sound - Tekno Kompascom

Ada zoom 5x, UI kamera makin "enak"

Tanpilan UI kamera Samsung S24 Ultra (kiri) kini lebih lengkap dengan shortcut untuk zoom 0.6x, 1x, 3x, 5x, dan 10x. UI kamera Samsung S24 Ultra ini mempermudah concert goers mengambil fancam. Sementara UI kamera Samsung S23 Ultra (kanan) memiliki shortcut zoom 0.6x, 1x, 3x, dan 10x.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tanpilan UI kamera Samsung S24 Ultra (kiri) kini lebih lengkap dengan shortcut untuk zoom 0.6x, 1x, 3x, 5x, dan 10x. UI kamera Samsung S24 Ultra ini mempermudah concert goers mengambil fancam. Sementara UI kamera Samsung S23 Ultra (kanan) memiliki shortcut zoom 0.6x, 1x, 3x, dan 10x.
Samsung S24 Ultra bisa memberikan pengalaman zoom yang lebih smooth dibandingkan S23 Ultra. Hal ini tampaknya, salah satunya, berkat kamera telefoto 50 MP (zoom optis 5x) yang baru.

Kamera 50 MP zoom optis 5x tersebut menggantikan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (f/4.9) yang sebelumnya rutin hadir di Galaxy S23 Ultra, S22 Ultra, dan S21 Ultra.

Samsung S24 Ultra tetap memiliki zoom 10x, tapi kini hadir dalam bentuk zoom digital.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com