Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Smartphone Pertama HMD Tanpa Merek Nokia Resmi Meluncur

Kompas.com - 25/04/2024, 09:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan pemegang lisensi merek Nokia, Human Mobile Devices (HMD) Global resmi merilis smartphone HMD Pulse series, di pasar Eropa, Rabu (24/4/2024). Lini ponsel ini terdiri dari HMD Pulse "reguler", HMD Pulse Plus, dan HMD Pulse Pro.

HMD Pulse series merupakan jajaran smartphone pertama yang menyandang merek perusahaan asal Finlandia itu. Sebelumnya, HMD rutin meluncurkan produk dari merek Nokia.

HMD yakin konsumen akan beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan, sehingga mereka mengutamakan kemampuan perbaikan untuk Pulse series.

Baca juga: HMD Perkenalkan Boring Phone, HP yang Dirancang Membosankan

Perusahaan itu mengatakan bahwa HMD Pulse bisa diperbaiki dengan mudah menggunakan peralatan perbaikan mandiri dari iFixit. Perbaikan ini termasuk mengganti baterai dan menukar layar ponsel.

Secara spesifikasi, HMD Pulse series memiliki kesamaan dalam aspek layar, chipset, baterai, dan lain-lain. Sementara itu, perbedaannya terletak pada kamera, memori, RAM, dan kapasitas media penyimpanan.

Spesifikasi HMD Pulse "reguler"

HMD Pulse model regulerGSMArena HMD Pulse model reguler
Ketiga model HMD Pulse series sama-sama mengusung layar LCD 6,65 inci dengan resolusi HD Plus (1.612 x 720 piksel), rasio aspek 20:9, refresh rate hingga 90 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 600 nits, dan cakupan warna 70 persen NTSC.

Khusus model "reguler", bagian tengah atas layar dihias lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie 8 MP.

Berpindah ke punggung, terdapat kamera utama 13 MP (Autofocus) dan lensa depth. Kamera ini diposisikan secara vertikal dalam modul persegi panjang bersama lampu dual LED flash.

Di sektor performa, HMD Pulse series kompak ditenagai chipset Unisoc T606 berfabrikasi 12 nm.

Chipset delapan inti (octa-core) ini mencakup dua inti Cortex-A75, enam inti Cortex-A55, unit pengolah grafis (GPU) Mali-G57, dan modem konektivitas 4G.

HMD Pulse "reguler" dilengkapi dengan RAM 4 GB/6 GB dan media penyimpanan (storage) 64 GB. Bila dirasa kurang, pengguna bisa memperluas storage hingga 256 GB dengan memanfaatkan kartu microSD.

Baca juga: HMD Siapkan HP Lipat Barbie, Rilis Juli 2024

Untuk daya, HMD Pulse series disokong oleh baterai jumbo 5.000 mAh yang terdaftar sebagai "QuickFix yang bisa diganti". Artinya, pengguna bisa melakukan penggantian baterai dengan memanfaatkan peralatan dasar. Perbaikan ini memerlukan waktu lima menit.

Baterai ini memiliki rating 800 siklus pengisian penuh sehingga bisa dibilang awet. Baterai HMD Pulse "reguler" didukung teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 10 Watt, dan diklaim bisa bertahan hingga 59 jam saat digunakan.

HMD Pulse series mempunyai sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP52. Pengguna yang ingin mempertahankan rating itu setelah mengganti baterainya mesti mengikuti instruksi penggantian baterai secara saksama, yang bisa disimak di tautan ini.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan HMD Pulse series adalah Android 14. HMD menjanjikan pembaruan sistem operasi dua generasi dan pembaruan keamanan hingga tiga tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com