Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMD Siapkan HP Lipat Barbie, Rilis Juli 2024

Kompas.com - 26/02/2024, 14:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Human Mobile Devices (HMD) ikut meramaikan pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024. Dalam ajang itu, HMD tidak meluncurkan produk, tetapi membagikan bocoran produk yang akan dirilis perusahaan dalam waktu dekat.

Salah satu produk tersebut yakni ponsel lipat bertema Barbie. Perangkat ini merupakan buah kolaborasi HMD dengan Mattel, perusahaan mainan kenamaan termasuk boneka Barbie.

HMD menyebut ponsel itu sebagai flip. Artinya, ponsel Barbie HMD akan didesain seperti ponsel lipat yang populer sebelum smartphone atau ponsel pintar membumi. Salah satunya yaitu Motorola Razr.

Karena itu, fiturnya juga akan terbatas, tidak secanggih smartphone lipat.

Kolaborasi HMD dengan Mattel juga diumumkan lewat situs resmi HMD. Menurut HMD, ponsel lipat bertema Barbie akan meluncur pada Juli mendatang.

Baca juga: Bocoran HP Baru HMD Tanpa Merek Nokia Muncul di Situs Resmi

"Barbie Flip Phone akan hadir pada musim panas 2024. Menawarkan gaya, nostalgia dan detoksifikasi digital. Ponsel berfitur retro ini akan membalikan budaya smartphone dan akan menjadi aksesori favorit musim panas ini," demikian keterangan HMD dikutip dari situs resminya, Senin (26/2/2024).

Daftar ponsel misterius HMD yang akan rilis paruh pertama 2024GSM Arena Daftar ponsel misterius HMD yang akan rilis paruh pertama 2024

Sayangnya perusahaan pemilik lisensi merek Nokia itu tidak membagikan bocoran spesifikasi ponsel Barbie. Salah satu yang pasti, ponsel lipat itu bakal dibalut dengan kelir pink. Hal ini juga terlihat dari materi presentasi yang dibagikan HMD di MWC 2024.

Selain ponsel lipat Barbie, HMD juga bersiap meluncurkan produk lainnya. Perusahaan asal Finlandia ini tidak merinci merek ponsel yang akan dirilis. Namun ada kemungkinan beberapa di antaranya bermerek Nokia karena desainnya seperti ponsel Nokia sebelumnya.

Ada pula kemungkinan ponsel yang dirilis HMD nanti bermerek HMD. Pasalnya, HMD menegaskan bakal menghadirkan smartphone dengan merek sendiri.

Baca juga: HMD Global Mau Bikin Ponsel Merek Sendiri, Setelah Produksi HP Nokia sejak 2016

Menurut gambar yang dibagikan HMD, ada empat model ponsel yang bakal dirilis HMD dalam waktu dekat. Model pertama dijadwalkan meluncur bulan Mei, diikuti ponsel lipat Barbie dan dua ponsel lainnya pada bulan Juli mendatang.

Masih jual ponsel Nokia

Meski mencanangkan produk baru, HMD akan menjual produk bermerek Nokia hingga saat ini. Jadi, produk baru dengan merek sendiri merupakan pelengkap katalog perusahaan.

Video yang diunggah di situs web HMD juga menunjukkan keterangan "The best of old and new" (Yang terbaik dari yang lawas dan baru), menyiratkan bahwa merek Nokia sebagai pemain lawas di pasar ponsel akan beriringan dengan produk baru HMD.

Lewat blog perusahaan, HMD juga menegaskan pihaknya masih akan membuat ponsel merek Nokia.

"Kami masih menjadi pembuat smartphone Nokia, tetapi kami melakukan pemanasan untuk menghadikan lebih banyak (perangkat) lagi untuk Anda, termasuk perangkat HMD asli dan ponsel dari kemitraan baru," demikian keterangan HMD dikutip KompasTekno dari blog resmi HMD.

Adapun selama ini HMD dikenal sebagai perusahaan yang memasarkan produk bermerek Nokia. Namun pada September 2023, bos HMD mengumumkan pihaknya akan membuat ponsel dengan merek sendiri.

Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com