Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia XR21 Meluncur, HP Pertama HMD Global Buatan Eropa

Kompas.com - 05/10/2023, 07:01 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - HMD Global, perusahaan pemilik lisensi merek Nokia, meluncurkan smartphone baru bernama Nokia XR21 Limited Edition.

Smartphone ini merupakan edisi spesial dari Nokia XR21 yang diluncurkan perusahaan pada Mei lalu.

Nokia XR21 Limited Edition disebut spesial karena merupakan ponsel pertama HMD Global yang diproduksi di Eropa, salah satunya di wilayah Hungaria.

Seperti namanya, Nokia XR21 tersedia dalam jumlah yang terbatas. Untuk tahap awal, HMD hanya memproduksi Nokia XR21 sebanyak 50 unit. Sebanyak 30 unit di antaranya dijual ke konsumen.

Baca juga: Nokia Luncurkan Ponsel Tahan Banting Khusus untuk Pekerja Tambang

Menurut perusahaan, setiap ponsel akan diukir dengan nomor serinya masing-masing. Warnanya dibalut dalam kelir Frosted Platinum dan unit ponselnya dikemas dengan boks edisi khusus.

Fitur khusus lainnya yaitu pada aspek keamanan, karena Nokia XR21 Limited Edition diklaim menawarkan jaminan keamanan yang lebih tinggi untuk pelanggan kalangan bisnis, lewat software dan fitur keamanan yang dimodifikasi.

Terlepas dari sejumlah keunikan itu, spesifikasi teknis Nokia XR21 Limited Edition mirip seperti Nokia XR21 versi reguler. Jadi, yang dibuat spesial hanya desain yang kemasannya saja.

Sebelumnya, aneka ponsel Nokia setelah lisensi mereknya dibeli HMD Global, diproduksi di China dan India. Namun karena kepentingan klien perusahaan yang mengutamakan aspek keamanan, HMD Global akhirnya membuka fasilitas produksi di Eropa. Selain itu, klien enterprise HMD Global juga tumbuh positif di Eropa.

Jadi, perusahaan ingin memenuhi kebutuhan klien enterprisenya dengan membuka manufaktur lokal dan menambah fitur keamanan yang lebih baik dibanding produk komersil.

Baca juga: Dijegal Nokia, Realme Setop Jualan HP di Jerman

Rencana soal produksi di Eropa, sebenarnya sudah diumumkan HMD Global pada Februari 2023. Namun perlu dicatat bahwa HMD Global masih akan memproduksi smartphone di China di India. Manufaktur di Eropa hanya ditujukan untuk memenuhi klien bisnisnya.

Spesifikasi Nokia XR21 Limited Edition

Secara umum, Nokia XR21 Limited Edition didesain sebagai smartphone dengan daya tahan yang tangguh. Pasalnya, perangkat ini dibkelai sertifikasi militer XR21 serta IP69K yang menunjukkan bahwa ponsel tahan dari debu, panas, lembap hingga benturan.

Nokia XR21 Limited Edition, HP Pertama HMD Global yang dibuat di Eropa HMD Global Nokia XR21 Limited Edition, HP Pertama HMD Global yang dibuat di Eropa

Nokia XR21 Limited Edition hadir dengan layar LCD 6,49 inci, resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Layar smartphone ini juga dilapisi pelindung Gorilla Glass Victus.

Pada aspek dapur pacu, smartphone ini ditenagai oleh System on Chip (SoC) Snapdragon 695.

Adapun daya tahannya ditunjang baterai berkapasitas 4.800 mAh. Untuk isi ulangnya, ponsel ini didukung fast charging 33 watt.

Nokia XR21 Limited Edition juga dibekali kamera belakang ganda, terdiri dari kamera utama 64 MP dan kamera ultrawide 8 MP. Ada pula kamera depan 16 MP untuk mengakomodasi aktivitas swafoto atau panggilan video.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 12, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (5/10/2023).

Harga Nokia XR21 Limited Edition

Nokia XR21 Limited Edition tersedia di Eropa, meliputi Jerman, Prancis, Austria, Belanda, Belgia, Spanyol, Italia, Finlandia dan Inggris.

Harga Nokia XR21 Limited Edition adalah 699 euro atau setara sekitar Rp 11,4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com