Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Video YouTube Pertama dalam Sejarah, Diunggah 19 Tahun Lalu

Kompas.com - 25/04/2024, 15:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Tepat 19 tahun lalu, video pertama diunggah ke YouTube, di awal berdirinya platform berbagi video ini. Hampir dua dekade berlalu, YouTube telah merajai panggung sebagai salah satu platform streaming terkemuka dalam dunia digital.

Dengan jutaan pengguna yang aktif setiap harinya, YouTube telah menjadi sarana utama untuk menikmati berbagai macam video hiburan.

Berdasarkan data dari Perusahaan Riset Nielsen, YouTube berhasil dinobatkan sebagai platform streaming video paling populer di Amerika Serikat pada Januari 2024.

Bagi banyak individu, video yang ditampilkan di YouTube bukan hanya sekadar hiburan, melainkan juga sebagai sumber pendapatan. Fenomena ini telah menginspirasi jutaan kreator untuk menjadikan YouTube sebagai peluang karir yang menjanjikan.

Dengan pertumbuhan YouTube yang terus meningkat dan konten-konten baru yang terus bermunculan, mari kita kembali ke awal sejarahnya dan melihat video pertama yang pernah diunggah ke platform ini.Bagaimana sejarahnya? Selenngkapnya berikut ini uraiannya.

Baca juga: Siap-siap, YouTube Akan Kirim Pesan Buat Pengguna Aplikasi Non-resmi

Video pertama YouTube

Pada 14 Februari 2005, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim mendirikan YouTube untuk menjadi platform berbagi video online. Mereka ingin mempermudah orang memposting dan menyebarluaskan video mereka ke seluruh dunia.

Sebelum YouTube, belum ada platform yang memadai untuk berbagi video, sehingga mereka memutuskan untuk menciptakan situs di mana orang bisa membagikan pengalaman mereka.
Dilansir dari Business Insider, Video pertama yang rilis di YouTube adalah, "Me at the Zoo", yang diluncurkan Jawed Karim pada 23 April 2005.

Video singkat berjudul "Me at the Zoo" dengan durasi 18 detik menampilkan Jawed Karim, salah satu dari trio pendiri YouTube, berdiri di depan gajah di Kebun Binatang San Diego.

Dalam video tersebut, Karim mengatakan, “Oke, kita di sini berdiri di depan gajah. Hal menarik tentang gajah-gajah ini adalah mereka memiliki belalai yang sangat panjang, yang sungguh menarik. Itu saja yang ingin saya katakan.”

Video dengan kualitas rendah tersebut diunggah ke YouTube sekitar sebulan sebelum versi beta publik dari platform diluncurkan pada Mei 2005. Anda bisa menonton video tersebut di tautan berikut ini. 

Awal mula YouTube lahir

Pendiri YouTube Founderoo Pendiri YouTube

Semuanya berawal saat Steve Chen mengundang teman-temannya Chad Hurley dan Jawed Karim untuk makan malam di rumahnya. Ide muncul saat mereka berfoto dan merekam video saat bersenang-senang. Seperi yang diketahui ketiganya sebelumnya bekerja di PayPal, sebuah perusahaan e-commerce.

Mereka mendapat ide membuat platform berbagi video setelah melihat popularitas situs berbagi foto seperti Flickr. Chen merupakan ahli dalam pemrograman, sedangkan Hurley memiliki keahlian dalam desain website.

Mereka ingin membuat platform sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja, termasuk yang tidak ahli teknologi. Ketiganya juga ingin agar orang bisa mengunggah dan menonton video tanpa perlu menginstal software khusus, dan tanpa harus mendaftar untuk melihat video.

Baca juga: OpenAI Pakai Video YouTube untuk Latih GPT-4, Google Beri Peringatan

Perkembangan YouTube

Pada 14 Februari 2005, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim mendaftarkan merek, logo, dan alamat situs YouTube.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com