Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Berguna buat Menghindari Penipuan

Kompas.com - 10/05/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Penipuan bisa terjadi lewat berbagai media, termasuk melalui telepon atau pesan di HP menggunakan nomor asing atau tidak dikenal. Pengguna mungkin sudah sering dihubungi oleh nomor tak dikenal.

Untuk menghindari penipuan, pengguna kiranya perlu mengetahui cara melacak nomor HP yang tidak dikenal. Cara ini berguna untuk mengetahui pemilik nomor asing yang menghubungi pengguna.

Baca juga: 5 Cara Melacak Nomor WhatsApp yang Tidak Dikenal, Mudah dan Praktis

Nomor HP asing yang menghubungi pengguna tidak selalu penipu. Namun, dengan mengetahui identitas atau namanya, pengguna bisa menghindari penipuan yang bisa jadi akan dilancarkan oleh pemilik nomor HP tidak dikenal itu.

Lantas, bagaimana cara mengetahui identitas pemilik nomor HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengetahui nomor tidak dikenal milik siapa dengan mudah dan praktis.

Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal

Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara cek pemilik nomor telepon yang bisa dilakukan pengguna. Secara umum, pengguna bisa memakai aplikasi pelacak nomor HP untuk cek nama pemiliknya.

Beberapa aplikasi pelacak nomor HP itu, seperti GetContact, TrueCaller, Me Caller ID, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kemampuan utama untuk menyajikan nama atau tag pemilik nomor telepon.

Aplikasi tersebut bakal mengidentifikasi nomor telepon sesuai database yang dimiliki. Adapun database tersebut dikumpulkan lewat cara crowdsourcing (urun daya). Database itu berisi riwayat para pengguna dalam memberikan nama atau tag pada nomor telepon.

Lewat aplikasi tersebut, pengguna dapat melacak identitas pemilik nomor telepon asing yang menghubunginya. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara melacak nomor HP tidak dikenal melalui aplikasi-aplikasi pelacak nomor HP adalah sebagai berikut.

1. Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal via GetContact

Ilustrasi GetContact.Play Store Ilustrasi GetContact.

  • Unduh aplikasi Getcontact di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Getcontact dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Kemudian, masukkan nomor telepon asing yang hendak diketahui identitas pemiliknya.
  • Setelah itu, periksa dan Getcontact bakal menyajikan sejumlah nama terkait identitas pemilik nomor telepon asing tersebut.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Orang dengan Nomor HP, Mudah dan Praktis

2. Cara cek pemilik nomor telepon via TrueCaller

Ilustrasi TrueCaller.App Store Ilustrasi TrueCaller.

  • Unduh aplikasi Truecaller di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Truecaller dan pastikan telah login akun. Untuk login, salah satunya bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, di kolom pencarian, masukkan nomor telepon asing yang hendak diketahui identitasnya.
  • Mulai pencarian dan Truecaller bakal menyajikan daftar nama yang diberikan oleh para pengguna lain atas nomor telepon asing tersebut.

3. Cara mengetahui nomor tidak dikenal milik siapa via Me Caller ID

Ilustrasi Me Caller ID.App Store Ilustrasi Me Caller ID.

  • Unduh aplikasi Me Caller ID di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Kemudian, buka aplikasi Me Caller ID dan pastikan telah login akun.
  • Setelah berhasil masuk, di kolom pencarian, silakan masukkan nomor telepon asing di WhatsApp yang hendak dicek identitasnya.
  • Selanjutnya, Me Caller ID bakal menyajikan daftar nama yang diberikan oleh para pengguna lain atas nomor telepon asing itu.

4. Cara cek pemilik nomor telepon via Mr. Number

Ilustrasi Mr. Number.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi Mr. Number.

  • Unduh aplikasi Mr. Number di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Kemudian, buka aplikasi Mr. Number dan pastikan telah login akun.
  • Setelah berhasil masuk, silakan masukkan nomor telepon asing yang hendak dicek identitas pemiliknya.
  • Kemudian, lakukan pencarian dan Mr. Number bakal menyajikan sejumlah nama yang diberikan oleh orang lain atas nomor tersebut.

5. Cara melacak nomor HP yang tidak dikenal via Sync.me

Ilustrasi Sync.Me.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi Sync.Me.

  • Unduh aplikasi Sync.Me di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Kemudian, buka aplikasi Sync.Me dan pastikan telah login akun.
  • Setelah berhasil masuk, silakan masukkan nomor telepon asing di WhatsApp yang hendak dilacak identitas pemiliknya.
  • Kemudian, lakukan pencarian dan Sync.Me bakal menyajikan sejumlah nama yang diberikan oleh orang lain atas nomor tersebut.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Orang Lain lewat WhatsApp, Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara mengetahui nomor tidak dikenal milik siapa? Melalui beberapa cara di atas, pengguna bisa mengetahui siapa pemilik nomor asing yang tengah menghubungi.

Dengan demikian, pengguna bisa mengantisipasi tindakan penipuan yang datang dari nomor asing itu. Untuk diketahui, pada aplikasi pelacak nomor HP, nomor penipu biasanya bakal dilabeli orang lain dengan nama “penipu” atau “spam”.

Jika nomor asing itu banyak ditandai sebagai penipu, aplikasi tersebut akan turut memberikan peringatan bahwa nomor tersebut berpotensi berbahaya.

Setelah diketahui identitasnya, jika ternyata nomor tersebut banyak dilabeli sebagai nomor penipu, pengguna bisa langsung memberikan label serupa dan memblokirnya untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Demikianlah penjelasan lengkap beberapa cara melacak nomor HP yang tidak dikenal untuk cegah penipuan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com