Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melacak HP yang Hilang atau Dicuri dengan E-mail, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 05/01/2024, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa cara untuk melacak HP (handphone) yang hilang atau dicuri. Salah satunya seperti cara melacak HP hilang dengan e-mail. Cara ini bisa dipakai sebagai alternatif untuk melacak HP yang hilang atau dicuri.

Sebagai informasi, setiap HP saat ini umumnya dibekali dengan layanan keamanan yang memungkinkan pengguna untuk mencari keberadaan atau lokasi HP berada. Layanan bawaan tersebut bermanfaat untuk membantu menemukan HP saat hilang atau dicuri.

Baca juga: Cara Melacak iPhone yang Hilang atau Dicuri lewat Google Maps dengan Mudah

Layanan pelacakan bawaan itu salah satu contohnya seperti Find My di iPhone. Selain menggunakan layanan pelacakan bawaan, pengguna sejatinya juga bisa memakai e-mail untuk melacak HP yang hilang atau dicuri.

Lantas, bagaimana cara melacak HP yang hilang dengan e-mail? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini seputar cara melacak HP hilang dengan e-mail.

Cara melacak HP hilang dengan e-mail

Cara melacak HP hilang dengan e-mail itu cukup mudah. Cara ini pada dasarnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur data histori lokasi pada akun Google yang bisa diakses melalui Gmail.

Tiap akun Google atau akun Gmail yang tertaut dengan HP bakal bisa menyimpan data histori atau riwayat lokasi yang pernah dikunjungi HP itu. Dari data histori lokasi ini, pengguna bisa melacak lokasi keberadaan HP yang hilang atau dicuri.

Baca juga: 3 Cara Melacak iPhone Hilang atau Dicuri dengan HP Android, Mudah

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara melacak HP hilang dengan e-mail melalui fitur histori lokasi akun Gmail adalah sebagai berikut:

  • Saat HP dicuri atau hilang, buka akun e-mail Gmail di perangkat lain. Lalu, login dengan akun Google atau akun Gmail yang sama seperti digunakan pada HP yang hilang.
  • Setelah berhasil masuk, klik ikon foto profil akun Gmail dan pilih opsi “Kelola Akun”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Data & Privasi” dan klik opsi “Histori Lokasi”.
  • Kemudian, klik opsi “Kelola Histori” dan bakal muncul peta dengan terdapat data riwayat lokasi keberadaan perangkat dalam kurun waktu tertentu.
  • Data histori lokasi akan menunjukkan lokasi atau tempat yang pernah dikunjungi pengguna lain yang tengah membawa HP pengguna.
  • Melalui data tersebut, pengguna bisa memeriksa keberadaan HP yang hilang atau dicuri.

Ilustrasi cara melacak HP hilang dengan e-mail melalui fitur histori lokasi akun Gmail.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melacak HP hilang dengan e-mail melalui fitur histori lokasi akun Gmail.

Cukup mudah bukan cara melacak HP hilang dengan e-mail? Meski mudah, perlu diketahui, cara melacak HP hilang dengan e-mail ini hanya bisa dilakukan apabila pengguna sudah pernah login akun Google atau akun Gmail di aplikasi Google pada HP yang hilang.

Kemudian, pengguna sebelumnya juga sudah mengaktifkan opsi histori lokasi pada akun Google tersebut. Jika belum pernah login akun Google dan mengaktifkan opsi histori lokasi, pengguna tak akan bisa melacak HP dengan cara ini.

Demikianlah penjelasan seputar cara melacak HP hilang dengan e-mail. Sebagai informasi tambahan, meski ada cara alternatif seperti ini, pengguna sebaiknya selalu mengaktifkan layanan pelacakan bawaan di HP.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat iPhone Hilang atau Dicuri, Penting

Pasalnya, pelacakan HP dicuri atau hilang via e-mail ini tidak memberikan pengamanan ekstra seperti pada layanan pelacakan bawaan.

Misalnya, di layanan Find My, pengguna bisa mengunci iPhone dan menghapus semua data di dalamnya secara jarak jauh, sehingga dapat meminimalkan kerugian yang didapat akibat kehilangan iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com