Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Uji Coba Tool AI untuk Cari Ide Konten

Kompas.com - 12/05/2024, 09:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube sedang menguji coba tool baru untuk membantu kreator yang sedang kehabisan ide konten. Tool berbasis AI generatif (GenAI) itu dirancang untuk menyodorkan inspirasi konten yang segar dan menarik.

Menurut YouTube, tool AI tersebut dimaksudkan agar  kreator dapat mengenali audiensnya dengan lebih baik sehingga mereka paham konten apa yang kira-kira cocok untuk penonton masing-masing.

Baca juga: Ini Video YouTube Pertama dalam Sejarah, Diunggah 19 Tahun Lalu

Harapannya, tool AI YouTube bisa mendorong kreator agar bisa lebih cepat menghasilkan konten dengan mnyajikan insight dan saran mengenai tiga hal, yaitu:

  • Topik atau jenis konten apa yang ingin dilihat lebih banyak oleh penonton
  • Konten kreatif yang belum pernah dibuat sebelumnya
  • Outline untuk memberi struktur ide dan memulai proses kreatif

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Minggu (12/5/2024), karena masih berstatus eksperimen alias uji coba, tool AI pencari ide dari YouTube baru tersedia untuk segelintir channel berbahasa Inggris saja.

Dalam keterangan di laman uji coba dan eksperimennya, YouTube menerangkan bahwa pengguna yang kebagian tool AI ini bisa mengaksesnya dengan mengunjungi YouTube.com di desktop dan membuka YouTube Studio > Analytics > Research.

Fitur eksperimen di YouTube biasanya hanya tersedia dalam jangka waktu pendek dan belum tentu akan benar-benar diterapkan secara meluas untuk seluruh pengguna.

Baca juga: Siap-siap, YouTube Akan Kirim Pesan Buat Pengguna Aplikasi Non-resmi

Sejak Agustus tahun lalu, Google telah melakukan uji coba fitur AI di YouTube, termasuk fitur rangkuman video yang dibuat oleh AI. Fitur ini dirancang untuk memberikan gambaran singkat tentang isi video kepada pengguna.

Selain itu, ada juga fitur percakapan AI yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan dan mendapatkan informasi dari video yang dipilih tanpa perlu menjeda konten, serta menyediakan rangkuman topik komentar. Uji cobanya berakhir pada 1 Mei 2024.

YouTube pun kini sedang menguji coba fitur “Jump Ahead” yang memanfaatkan AI dalam menganalisis data interaksi penonton pada video tertentu, agar bisa langsung melompat ke bagian yang paling menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com