Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Sindir Iklan Apple iPad Pro: Kreativitas Tak Bisa Dihancurin

Kompas.com - 19/05/2024, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Samsung mengunggah video iklan tablet Galaxy Tab S9 series. Iklan itu diunggah oleh Samsung Amerika Serikat (AS) di media sosial X dengan handle akun @SamsungMobileUS.

Menariknya video itu seolah menyindir iklan iPad Pro bertajuk "Crush!" (hancurkan) yang dipublikasikan Apple di saluran YouTube-nya pekan lalu.

Iklan ini mengundang kontroversi dari sejumlah seniman, karena memuat konten perusakan beberapa alat musik termasuk gitar serta benda lain.

Nah, dalam iklan terbarunya, Samsung memakai gitar yang bentuk dan warnanya persis dengan gitar yang dihancurkan Apple di iklan iPad Pro.

Iklan Samsung dibuka dengan langkah kaki seorang wanita di antara puing-puing dan tumpahan cat. Tokoh tersebut kemudian mengambil gitar yang rusak dari lantai dengan puing-puing tadi.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, Tablet Serba Ada dan Layak Jadi Pengganti Laptop

Lalu dia menyalakan layar Galaxy Tab S9 untuk menampilkan partitur hingga memetik gitar sembari bersenandung. Padahal, gitar itu sudah rusak dengan tiga senar yang tersisa. Namun tokoh dalam iklan bisa menghasilkan irama musik yang cukup nyaman didengar.

Samsung sebenarnya tidak menyantumkan nama Apple sama sekali dalam iklan itu. Namun visual iklan Galaxy Tab S9 itu begitu mirip dengan iklan iPad Pro. Demikian pula pesan pada iklan tablet Samsung menyiratkan pesan sindiran bagi Apple.

Lewat iklan itu, Samsung menyematkan pesan bahwa "creativity cannot be crushed" (kreativitas tidak bisa dihancurkan). Caption pada postingan iklan di X juga memakai tagar #UnCrush, seolah berbanding terbalik dengan "Crush!" yang menjadi judul iklan iPad Pro.

Iklan Samsung dilaporkan dibuat BBH USA dan disutradarai oleh Zen Pace, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (19/5/2024).

Iklan ini diunggah pada 16 Mei 2024. Video iklan ini sudah tayang sampai 4,7 juta kali di X Twitter hingga di-repost sebanyak 7.400 kali.

Iklan iPad Pro kontroversial

Adapun Apple Apple meminta maaf setelah iklan iPad Pro dibanjiri kritikan dari warganet dan komunitas seniman.

Iklan video bertajuk "Crush!" itu diunggah di akun YouTube Apple, dan akun media sosial X CEO Apple Tim Cook pada 7 Mei 2024.

Video berdurasi 1 menit 8 detik itu menampilkan sebuah hydraulic press besar menghancurkan alat-alat kreatif seperti piano, drum, gitar, dan kamera. Kemudian, alat-alat yang hancur itu disulap menjadi sebuah tablet iPad Pro.

Baca juga: Iklan iPad Pro Diprotes Warganet, Apple Minta Maaf

Video tersebut dikatakan menjadi iklan terburuk Apple, karena menunjukkan penghancuran alat kreatif dan usaha manusia dalam berkarya.

Sejumlah pelaku industri kreatif dan warganet mengkritik iklan iPad Pro. Salah satunya adalah aktor asal Inggris, Hugh Grant.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com