Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Notebook Lenovo Lulus Penyiksaan

Kompas.com - 16/03/2009, 08:14 WIB

JAKARTA, Kompas.com — Belum lama ini, Lenovo mengumumkan merancang 8 laptop ThinkPad yang semi-tahan banting. Kedelapannya dirancang memenuhi rangkaian tes spesifikasi militer dan fitur khusus, seperti sistem perlindungan ala kantong udara dan roll cage untuk model tertentu.

Ke-8 laptop itu adalah ThinkPad X200, X301, X200s, X200 Tablet, T400, T500, R400, dan SL300. Khusus untuk T400 yang populer dan dijual dengan harga mulai 2599 dollar AS, ditambahkan—secara opsional—panel dengan tingkat terang 680-nit.

Apa saja "penyiksaan" yang dilakukan pada ke-8 laptop di atas? Tak lain adalah ujian berat, seperti dipanggang pada suhu 140 derajat, dipakai pada suhu minus 4 derajat, dibawa dari suhu minus empat derajat ke 140 derajat, dijatuhkan dan dihentakkan untuk memastikan laptop tahan goncangan, digunakan dalam bersepeda di kondisi kelembapan 95 persen dan pada ketinggian 15.000 kaki, dan ditiup dengan pasir.

Adalah Pasquale Scaturro, ahli geofisika, yang menjelajah dan memimpin ekspedisi berwisata ke tempat-tempat yang jauh di bumi dengan laptop ThinkPad tersebut. “Selama lebih dari 180 hari dalam setahun, saya bisa ditemukan sedang berjalan-jalan dengan laptop ThinkPad di tengah kawasan hutan yang panas dan bertahan hidup di kutub utara yang beku dan di tengah-tengah letusan gunung berapi. Dari serangga dan kelembapan, dari pasir dan debu, panas dan dingin, laptop ThinkPad saya telah merasakan itu semua," kata Pasquale Scaturro (Exploration Specialists, Inc).

Menurut Lenovo, laptop-nya telah dioptimalkan untuk penggunaan di luar ruangan. Salah satu buktinya, institusi kepolisian Conover Police Department di North Carolina menggunakannya untuk mengubah mobil-mobil patroli mereka menjadi kantor bergerak. Petugas menggunakan ThinkPad T-Series untuk menulis dan mencetak laporan kecelakaan, surat tilang, dan melakukan pemeriksaan latar belakang kejahatan dari mobil mereka.

Laptop Lenovo disebutkan memiliki fitur tahan banting berikut:

- Active Protection System – Memarkir hard drive sementara ketika laptop mendeteksi gerakan jatuh atau gerakan tiba-tiba dengan sistem yang menyerupai kantong udara.

- Roll Cage – Berfungsi sebagai bingkai pelindung di sekitar komponen internal tempat data disimpan dan pemrosesan terjadi, dengan roll cage tambahan pada cover di ThinkPad X301.

- Shock Mounted Had Drive – Menawarkan perlindungan ekstra di sekitar hard drive untuk melindungi data.

- Spill Resistant Keyboard – Menahan sampai dua ons cairan yang tumpah pada laptop-laptop tertentu dengan cara mengalirkan cairan ke bawah laptop.


Untuk membantu pelanggan melindungi investasi PC mereka, Lenovo pun menawarkan warranty and accident protection plans. Selain itu, ada ThinkPlus Priority Support untuk memberikan dukungan teknis via telepon kapan saja, panggilan yang diprioritaskan dan perbaikan di tempat secara cepat. Untuk respons yang bahkan lebih cepat, tersedia ThinkPlus Priority 4 Support untuk perbaikan di tempat dalam empat jam setelah masalahnya muncul dan Layanan Online Data Backup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com