Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Google Nexus One Seharusnya Meluncur di China Hari Ini

Kompas.com - 20/01/2010, 08:32 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Tak hanya mengakhiri sensor terhadap layanannya di China, Google juga menunda rencana peluncuran ponsel buatannya, Nexus One, di China yang seharusnya direncanakan Rabu (20/1/2010) hari ini. Hal tersebut dikatakan juru bicara Google, Marsha Wang, kemarin. 

Namun, Wang menolak untuk memberikan alasan atas keputusan tersebut. Ia hanya mengatakan jadwal peluncuran mungkin dijadwal ulang. "Itu ditunda," katanya singkat dilansir AP

Keputusan ini diambil di tengah protes yang dilancarkan Google terhadap kewajiban menyensor hasil pencariannya di China. Mulai 12 Januari 2010, Google menyatakan telah menghentikan penyensoran tersebut dan mengancam menutup layanan Google.cn dan hengkang dari China. Meski demikian, Google menyatakan tetap akan melakukan diskusi dalam beberapa minggu ke depan jika dibolehkan beroperasi tanpa sensor. 

Pemerintah China belum mengeluarkan komentar resmi terhadap langkah Google. Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan semua perusahaan internet di China harus mematuhi hukum yang berlaku dan menyarankan pemerintah agar tidak memberikan ruang dalam negosiasi yang akan dilancarkan Google. 

Belakangan Google membantah segera keluar dari China dan menyatakan masih tertarik dengan pasar internet China yang merupakan terbesar di dunia. Masuknya ponsel Nexus One buatannya juga upaya untuk meraih pangsa ponsel China yang merupakan dunia yang paling padat penduduknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com